beritain.id – Untuk mendukung pemerintah dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, masyarakat diarahkan untuk menerapkan kebersihan lingkungan baik di rumah, perkantoran, tempat umum hingga sekolah.

Penanaman kebiasaan hidup sehat dan bersih salah satunya bisa diterapkan di Sekolah, sebagai lembaga pendidikan yang memberikan keilmuan tentang dampak positif jangka panjang maupun pendek dari menjaga kebersihan.

Seperti yang diterapkan di SMPN 16 Kota Tangerang, Sekolah yang memenangkan predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi Banten 2020 ini, menerapkan beberapa kebiasaan hidup sehat di sekolah, seperti pemanfaatan sampah untuk pot tanaman, Pengembangan tanaman obat, pengembangan pohon-pohon dilindungi, budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, komposter hingga budidaya ikan lele di sekolah.

Baca juga:  Perwakilan Keluarga Gubernur Jabar: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un, Kami Ikhlaskan Eril

Uniknya, kegiatan ini dilakukan tak hanya oleh dewan guru, namun juga melibatkan siswa-siswi. misalnya pembuatan pupuk kompos yang memanfaatkan sampah organik. Wakil Kepala Sekolah SMPN 16 Kota Tangerang, Warlam mengatakan, kegiatan ini merupakan penanaman watak kepada siswa-siswi untuk peduli lindungan.

Baca juga:  Tren Jum’at Berkah Yang Digelar Oleh Kodam III/Slw

Tak hanya peduli lingkungan, hal ini menjadi praktik bagi para pelajar dari pelajaran ilmu pengetahuan alam yang dipelajari. Dengan kegiatan ini, siswa tak hanya belajar teori dalam pengetahuan alam namun melakukan secara langsung dan membuktikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *