beritain.id  – Penyebaran kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hingga saat ini masih terjadi, khususnya di wilayah Jawa Barat (Jabar) seperti di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, Arifin Soedjayana mengungkapkan, saat ini wabah PMK tidak lagi menyerang hewan berjenis sapi melainkan juga kambing dan domba.

“Sekarang itu bukan dianggap gelombang kedua, tapi sudah melandai, sudah turun (kasus PMK), terus penanganan bagus sapi potong atau perah itu juga sudah maksimal. Nah domba kan secara klinis itu lebih kuat dari serangan virus (PMK), tapi sekarang domba mulai bergejala PMK,” katanya di Bandung, Senin (7/11/2022).

Baca juga:  5 TAHUN JABAR JUARA Ridwan Kamil: Terus Jaga Prestasi Jawa Barat

Arifin mencatat, kasus PMK pada domba dan kambing telah terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Meski dia tidak menyebut angka penularannya secara rinci, namun PMK pada domba dan kambing di wilayah tersebut cukup besar.

“Saya lupa, tapi angkanya itu sekitar seratusan lebih untuk domba ini (PMK di KBB). Jumlahnya agak banyak. Jadi, kemarin itu Bandung barat sebetulnya sudah zero kasus (PMK), sapi perah dan potongnya sudah beres, eh sekarang datang domba,” ungkapnya

Baca juga:  Ridwan Kamil Siap – siap luncurkan Aplikasi pemesanan Minyak Goreng

Maka agar kasus tersebut tidak semakin meluas, Arifin mengaku pihaknya telah mengingatkan kepada tim satuan gugus tugas (satgas) PMK, untuk tetap melakukan pemantauan.

Selain itu, pola hidup sehat seperti membersihkan kandang hingga memberikan vitamin juga turut disampaikan oleh DKPP Jabar.

“Jadi sama saja seperti penanganan pada covid 19, tapi ini diternak,” ujarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *