Pentingnya Inovasi Digitalisasi dalam Upaya Kebangkitan UMKM dan Pariwisata

beritain.id – Inovasi menjadi salah satu kata kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi. Beragam inovasi menjadi suatu keharusan yang dilakukan di berbagai sektor termasuk UMKM dan pariwisata.

Sejak 2020, kedua sektor tersebut mengalami dampak cukup besar akibat pandemi. Karena itu perlu strategi serta sinergi berbagai pihak agar tercipta inovasi-inovasi baru, salah satunya melalui digitalisasi.

Hal itu dipaparkan dalam diskusi bertajuk “Inovasi Digitalisasi Ekosistem UMKM dan Pariwisata Daerah Pasca Pandemi” yang diadakan Universitas Indonesia secara online, Kamis 7 Juli 2022. Kegiatan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno yang menyatakan bahwa pegiat dari kedua sektor tersebut wajib beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di dunia bisnis.

Menparekraf juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia mengalami kenaikan kontribusi pariwisata sebesar 4,3%. Selain itu menurut laporan Travel &Tourism Development Index 2021 World Economic Forum (WEF) edisi Mei 2022, menunjukkan bahwa industri pariwisata Indonesia menempati peringkat 32 dari 117 negara dunia. Menparekraf menilai adanya peluang yang bisa dimanfaatkan khususnya terhadap pengembangan pasar digital.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password