beritain.id  – Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI Dedi Mulyadi, menyampaikan kiat mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

PMK adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular.

Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah dan rusa.

Politisi senior partai Golkar ini menyampaikan cara memberantas PMK,
yakni dengan melakukan trik pembelian sapi yang terkena PMK.

Baca juga:  Resmikan kantor baru, BPJS KETENAGAKERJAAN BANDUNG BOJONGSOANG komitmen tingkatkan pelayanan

Menurutnya, langkah cepat dalam mengatasi masalah sapi yang terkena PMK, ialah dengan membeli sapi-sapi dari peternak, kemudian dimusnahkan.

“Jadi sebaiknya Kementerian Pertanian membeli sapi yang terkena penyakit PMK. Nah, sapi yang telah dibeli itu, lalu dimusnahkan,” ujar anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Dapil Jabar VII tersebut belum lama ini.

Dedi menyampaikan usulan tersebut, karena vaksin dalam negeri untuk penangan PMK baru dalam proses, sementara sapi yang sudah terkena PMK semakin banyak.

Baca juga:  Ridwan Kamil Apresiasi Kinerja Asep Mulyana sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar

Selain itu juga diragukan tingkat kedisiplinan dari peternak, untuk tidak menjual sapi yang terkena PMK itu ke luar daerah.

“Siapa yang bisa menjamin dan mengawasi sapi dari Jatim yang terkena PMK, tidak dijual ke wilayah Jabar atau wilayah lainnya. Padahal penyakit PMK sangat cepat penyebarannya,” kata Dedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *