beritain.id – Direktur Utama Rumah Sakit Unggul Karsa Medika Bandung Dokter Theresia Monica Raharjo menyatakan para orang tua tak perlu cemas perihal penyakit gagal ginjal akut misterius.

Menurut dokter yang akrab disapa Dokmo ini menyatakan penyakit gagal ginjal misterius itu bisa sembuh total.

“Penyakit ini (gagal ginjal misterius) sudah ada di sejumlah negara sejak tahun 1960. Oleh karena itu para orang tua tak perlu cemas,” tutur Theresia, Rabu (19/10/2022).

Dokmo tak menampik para anak-anak memang lebih suka minuman kemasan yang beredar ketimbang air mineral di rumah. Namun, Dokmo mengimbau para orang tua untuk selalu melihat minuman tersebut terdaftar BPOM atau tidak.

Baca juga:  Densus 88 Amankan 4 Terduga Teroris di Bandung

“Jadi anak-anak tuh susah makan, kadang-kadang orang tua itu pusing jadi memilih minuman berwarna.Yang penting itu jangan berlebihan,” kata dia.

Dokmo juga menyebut gejala yang akan ditimbulkan ketika menderita gagal ginjal akut misterius pasien anak akan mengalami penurunan air seni. “Atau air seni anak menjadi pekat seperti warna teh,” jelas dia.

Baca juga:  Keluarga Gubernur Ridwan Kamil Haturkan Terima Kasih untuk Empati dan Dukacita Masyarakat

Sementara Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat melaporkan kasus gagal ginjal misterius terkonfirmasi di 10 kota kabupaten. Kasus gagal ginjal misterius tersebut menjangkiti pada usia anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana Dewi mengatakan, seluruh kasus gagal ginjal misterius tersebut telah terlaporkan ada Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

“Jabar sebenarnya ada 10 daerah, itu semuanya sudah terlaporkan ke IDAI. Jadi Jabar sendiri belum mempunyai data,” ujar Nina Susana Dewi, Senin (17/10).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *