beritain.id – Khazanah Jabar Selatan tidak cuma keindahan alam yang memesona. Kuliner khas dengan cita rasa yang memanjakan lidah pun turut menstimulasi Jabar Selatan sebagai destinasi wisata rupawan.

Festival Pindang Gunung yang terselenggara dalam rangkaian Cycling de Jabar 2022 hari kedua di Alun-alun Paamprokan, Kabupaten Pangandaran, Minggu (28/8/2022), menjadi salah satu cara untuk menggaungkan kuliner khas Pangandaran, Pindang Gunung.

Pindang Gunung berupa sup ikan. Namun, kuah kuning dengan bahan rempah melimpah membuatnya menjadi makanan lezat. Perpanduan honje dan cabai rawit dalam kuah Pindang Gunung nikmat disantap dengan nasi hangat.

Baca juga:  Uu Ruzhanul: Pelatihan Kepemimpinan Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Salah satu juru masak Pindang Gunung ternama Encih Sarsih menuturkan, rasa pedas dan asam kuah kuning menjadi kekhasan Pindang Gunung. Jenis ikan yang digunakan dalam Pindang Gunung sangat beragam, bisa ikan air laut maupun ikan air tawar.

“Orang tua pernah menceritakan, karena kuahnya itu, Pindang Gunung bisa dimakan bareng-bareng. Jadi, yang tidak kebagian ikan, masih tetap bisa makan dengan kuahnya saja,” kata Encih.

Baca juga:  Jasa Raharja Bekasi Lakukan Tes Pengambilan dan Sosialisasi kepada Pengemudi Transportasi Umum di Terminal Bekasi untuk Menjamin Jaminan Perlindungan Penumpang

Encih menceritakan, banyak masyarakat yang menyukai Pindang Gunung. Berdasarkan pengalamannya, ada sejumlah orang yang tidak pernah makan ikan, tetapi dapat menikmati Pindang Gunung.

“Cita rasa Pindang Gunung benar-benar segar dan semua teman-teman dan tamu yang sudah bertemu dengan saya kesannya baik. Termasuk orang yang tidak makan ikan, bisa habis dua mangkok,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *