beritain.id – Upacara Adat Ngalaksa kembali digelar. Kegiatan yang sempat vakum selama 2 tahun ini diselenggarakan di Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, mulai 22 hingga 27 Agustus 2022.

Upacara Adat Ngalaksa ditujukan sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah. Upacara ini dilaksanakan secara bergiliran oleh lima Rurukan yaitu Rurukan Rancakalong, Rurukan Nagarawangi, Rurukan Pamekaran, Rurukan Pasir Biru, dan Rurukan Cibunar. Untuk tahun ini, giliran Rurukan Pasir Biru yang menyelenggarakannya.

Baca juga:  Wagub Uu Ruzhanul Tinjau Pelaksanaan PPDB SMA Negeri 1 Indramayu

Rangkaian kegiatan Upacara Adat Ngalaksa terdiri dari beberapa tahapan. Pertama para sesepuh desa selalu dilibatkan dalam penentuan tanggal pelaksanaan. Setelah itu dilakukan kegiatan ngahayu dan nganunuk bahan untuk menginformasikan kepada warga serta pembagian tugas jelang bergulirnya acara.

Baca juga:  Usai Libur Lebaran, Vaksinasi di Jabar Kembali Dipacu

Pada hari pelaksanaan, tokoh adat dan tamu undangan disambut dengan iringan musik Tarawangsa. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana menghidupkan kesenian daerah sekaligus memperkenalkannya kepada generasi muda.

“Ini upaya kita agar budaya nenek moyang tidak punah dan terus berkembang sehingga anak cucu kita mengetahui adanya budaya Ngalaksa ini,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *