beritain.id – Pemda Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil-Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum menggulirkan Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon.

Selama lima tahun bergulir, jumlah pohon yang ditanam mencapai 83.066.777 bibit pohon atau 166 persen dari target. Dengan capaian itu, tercatat sedikitnya 81.000 hektare lahan kritis di Jabar pulih dan kembali menghijau.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada pembukaan acara West Java Forest Festival 2023 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (20/8/2023).

Baca juga:  Wagub Cek Harga Sembako di Pasar Limbangan

“Rumusnya begini, kalau ada masyarakat Jabar yang berbahagia, sumbang pohon. Ulang tahun satu pohon, menikah sepuluh pohon, membangun rumah atau bangunan lain 1.000 pohon,” tutur Ridwan Kamil.

“Dengan begitu, masyarakat pun berlomba-lomba ikut menanam pohon,” imbuhnya.

Baca juga:  Jawa Barat Fokus Tingkatkan Produktivitas untuk Penguatan Daya Saing

Guna mengembalikan fungsi ekologi Tahura, Ridwan Kamil melepasliarkan lima ekor rusa di gelombang pertama untuk dikembangkan.

“Gelombang pertama sekarang lima ekor rusa. Nanti insyaallah ada gelombang berikutnya,” ucap Gubernur.

Gubernur juga melaporkan, selama lima tahun kepemimpinannya, pembangunan infrastruktur terus digenjot tanpa mengabaikan pertanian. Hal itu dibuktikan dengan jumlah areal panen yang bertambah seluas 60.000 hektare.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *