beritain.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak kesulitan memperagakan Tari Ronggeng Beken saat diminta menari di atas panggung.

Mengenakan pangsi merah khas Betawi lengkap dengan peci dan sarung, gerakan tangan dan kakinya nampak begitu lentur mengikuti irama gamelan.

Bersama 3.000 penari Ronggeng Beken lainnya, Ridwan Kamil rupanya sedang memeriahkan acara Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

“PNBK ini luar biasa, kita sudah rindu acara seperti ini,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga:  Pemerintah Daerah Larang Hewan Terinfeksi PMK Masuk Jabar

PNBK yang baru pertama kalinya digelar ini merupakan wadah kenusantaraan yang menampilkan seni budaya dari seluruh etnik Indonesia.

Total ada 10.000 orang terlibat dalam PNBK. Mereka merupakan warga dari beragam entis yang menetap di Kota Bekasi.

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat penyelenggaraan ini sebagai gelaran seni penampil terbanyak di Indonesia.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, gelaran PNBK menunjukan bahwa Kota Bekasi merupakan Kota Pancasila. Ini terlihat dari keberagaman suku bangsa yang sangat kompak dan guyub.

Baca juga:  Pemerintahan Sekda Setiawan Lepas Kontingen Jabar ke Jumbara PMR IX Tingkat Nasional 2023

“PNBK menunjukan Bekasi sebagai Kota Pancasila karena keberagaman tadi diperlihatkan dari berbagai etnis mulai dari Sumatera sampai Indonesia timur berkumpul di Bekasi, dan mereka sangat kompak dan guyub,” ujarnya.

Keberagaman budaya yang ada di Kota Bekasi juga mempertegas, bahwa Bekasi merupakan persimpangan berbagai budaya Nusantara.

“Kota Bekasi merupakan persimpangan dari berbagai budaya Nusantara,” ucap Kang Emil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *