beritain.id – Gubernur Jabar Ridwan Kamil ajak para wali kota dari negara G20 untuk menguatkan kolaborasi pada isu-isu yang saat ini mengemuka secara global. Mulai dari transisi energi, transportasi ramah lingkungan, peluang pekerjaan baru, dan isu kesehatan mental.

Hal itu dikemukakan Ridwan Kamil pada pembukaan U20 Mayor Summit 2022 di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

“Ada tiga disrupsi yang saat ini terjadi di dunia yaitu pandemi COVID-19, perkembangan teknologi 4.0 yang akan berkembang menjadi 5.0 dan 6.0 kemudian disrupsi pemanasan global. Ketiga hal ini perlu solusi yang dapat ditemukan melalui kolaborasi dalam persaingan saat ini,” ujarnya.

Baca juga:  Penuhi Undangan Sarasehan Politik Partai Demokrat, Dandan Riza Wardana Sumbang Ide dan Gagasan

Menurut Ridwan Kamil, kerja sama atau kolaborasi antardaerah diperlukan terlebih ada dampak dari invasi Rusia ke Ukraina yang berpengaruh pada pasokan energi maupun bahan pangan.

“Melalui kerja sama antardaerah ini kita harus saling memahami, sering melakukan pertemuan, dan berkomunikasi apapun agendanya untuk membahas masa depan. Perencanaan yang bagus dapat menjadikan masa depan yang lebih baik,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga:  Resmikan Monumen Perjuangan Rakyat Jabar Hasil Revitalisasi, Bey: Mari Rawat Bersama-sama

Kang Emil– sapaan karib Gubernur Ridwan Kamil — menyebutkan, peluang kerja sama antardaerah yang dapat dibahas yaitu masalah transisi energi, transportasi ramah lingkungan, dan pekerjaan baru.

Gubernur menyambut baik amanat dari Sekretaris Jendral United Cities Local Government (UCLG) Emilia Saiz yang menekankan kesehatan mental dari masyarakat sebuah kota.

“Tadi Bu Emilia menyinggung soal kesehatan mental. Kami anggap itu juga penting karena ketika di zaman keterbukaan sosial seperti saat ini memunculkan tingkat stres yang tinggi,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *