Ribuan Peserta Ramaikan Peringatan 12 Tahun Angklung Mendunia

beritain.id  – Angklung menjadi salah satu warisan budaya tradisional asli Jawa Barat yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan pada 2010 lalu, UNESCO telah menetapkan angklung sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asli Indonesia.

Sebagai bentuk penghargaan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan Peringatan 12 Tahun Angklung Mendunia di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu 20 November 2022. Kegiatan yang juga didukung oleh Keluarga Besar Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (KABUMI UPI), Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, serta Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat ini diikuti langsung oleh 1.304 peserta dari berbagai kalangan usia.

Acara dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang diwakili Engkus Sutisna selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Kegiatan turut dihadiri Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Jabar Febiyani, serta sejumlah tamu undangan lain.

“Angklung salah satu bagian dari WBTB Jawa Barat, jadi event ini sebagai pembuktian bahwa angklung ini benar-benar ada. Kita wajib memperingati Hari Angklung Sedunia karena alat musik ini lahir betul-betul dari Jawa Barat. Jadi kegiatan ini merupakan bagian dalam pelestarian dan mengenalkan kepada generasi anak-anak,” kata Kadisparbud Jabar.

“Tadi kita lihat masyarakat khususnya anak-anak begitu antusias. Itu menjadi bukti bahwa angklung dapat diterima baik oleh masyarakat umum,” tambahnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password