beritain.id  – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) Syahrir mendorong pemerintah, agar mengantisipasi merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak di sejumlah daerah.

Hal itu dapat dilakukan dengan mempercepat pendistribusian vaksin ke daerah yang terserang wabah PMK, karena penyebaran virus ini sangat cepat.

“Distribusi vaksin harus dilakukan cepat, masif dan merata ke berbagai kawasan, untuk mencegah meluasnya penyebaran virus PMK yang mutasinya sangat cepat.” ujar Syahrir dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Bawaslu Jabar Menilai E-voting Belum Siap Diterapkan untuk Pemilu 2024

Legislator dari Partai Gerindra ini pun mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Jabar, yang mulai melakukan vaksinasi PMK.

“Dengan keterbatasan distribusi vaksin, Pemprov Jabar bereaksi cepat, karena jumlah hewan terjangkit akan semakin besar jika lambat dalam menangani masalah ini.” sebutnya.

Syahrir mengingatkan jika terlambat, kondisi ini bukan hanya merugikan para peternak di desa-desa, namun juga meresahkan masyarakat. Selain sulit didapat, tingkat kesehatan hewan juga membuat masyarakat cemas.

Baca juga:  Galeri Rasulullah SAW tak Sekadar Wisata Religi

Untuk itu, dia meminta pemerintah pusat agar memastikan tersedianya vaksin yang memadai untuk didistribusikan ke berbagai wilayah dan kota, yang belum mendapatkan jatah vaksin, khususnya di wilayah Jabar.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah agar memutus rantai penularan PMK pada hewan, seperti mengetatkan mobilisasi hewan ternak yang datang dari luar daerah, serta memastikan hewan yang ada di suatu daerah negatif dari penyakit mulut dan kuku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *