beritain.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Peringatan Hari Purbakala Nasional ke-110. Kegiatan ini diadakan di Situs Candi Blandongan, Karawang, Rabu 14 Juni 2023.

Tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Hana Nguni Hana Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke’. Tema tersebut memiliki makna ‘Ada dulu, ada sekarang. Tidak ada dulu, maka tidak ada sekarang’. Dengan tema tersebut, masyarakat diharapkan untuk selalu melestarikan berbagai peninggalan nenek moyang.

Baca juga:  Wagub Jabar: Keandalan Jalur Jabar Selatan Gairahkan Pariwisata

“Peringatan Hari Purbakala Nasional ditujukan agar mengingatkan masyarakat untuk selalu melestarikan budaya dan sejarah. Karena itu kami mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan seluruh kekayaan bersejarah yang memang sangat bermanfaat, termasuk Candi Blandongan tempat kita menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Dipilihnya Candi Blandongan sebagai lokasi peringatan Hari Purbakala Nasional ke-110 bukan tanpa alasan. Bangunan yang terletak di Komplek Situs Batujaya itu disebut-sebut sebagai salah satu candi tertua di Indonesia. Bahkan kabarnya, usia Candi Blandongan lebih tua dibandingkan Candi Borobudur.

Baca juga:  Wagub Jabar: MTQ Melesatkan Jawa Barat sebagai Provinsi Terdepan dalam Inovasi dan Kolaborasi

Karena nilai historisnya yang sangat tinggi, candi-candi yang ada di Situs Batujaya menjadi daya tarik wisata favorit di Kabupaten Karawang. Dengan kegiatan ini, diharapkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Jiwa maupun Candi Blandongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *