beritain.id  – Dorongan motivasi yang kuat dan hangat, terus dilakukan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk Timnas Indonesia. Hal itu membantu membakar semangat dan kekompakan tim dalam setiap pertandingan

Pemerhati olahraga yang juga Direktur Pusat Kajian Pengembangan Olahraga Indonesia, Dr Hilman Mauludin, memberikan bocoran terkait rahasia kemenangan Indonesia pada leg ke-2 melawan Curacao. Seperti diketahui Indonesia berhasil unggul 2-1 di menit akhir lewat gol Dendy Sulistyawan pada menit 87.

Menurut Hilman, salah satunya disebabkan oleh ‘team talk’ berisikan motivasi yang membakar semangat para pemain Timnas. Tentunya motivasi tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Meski ini salah satu faktor saja, faktor pemain, pelatih hingga official juga berperan penting di sini.

Baca juga:  5 TAHUN JABAR JUARA: Ridwan Kamil Apresiasi Sinergi Insan Pengayoman Kemenkumham Jabar

“Ada kata-kata yang menurut saya kuat di sini. Pak Ketua PSSI Iwan Bule mengatakan bahwa kemenangan sebelumnya di leg pertama telah membuat pahala tersendiri bagi para pemain. Ini karena para pemain Timnas Indonesia telah membuat rakyat Indonesia senang,” kata Hilman, Rabu (28/9/2022).

Baca juga:  Tinjau Lokasi Banjir Bandang Bogor, Ridwan Kamil Pastikan Penanganan Berjalan Optimal

Dikatakan Dr Hilman menganggap hal ini biasanya tidak dilakukan Ketua Umum PSSI.

“Ada jarak biasanya antar ketua umum dengan pemain. Nah yang dilakukan Pak Iwan Bule ini semenjak memimpin PSSI membuat para pemain jauh lebih bersemangat dalam menghadapi pertandingan,” kata dia.

Di sisi lain kata Dr Hilman, suasana hangat atas motivasi tersebut juga sangat berpengaruh pada mentalitas pemain. Ada sikap pantang menyerah yang dibentuk dari pembicaraan pra pertandingan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *