beritain.id – 14 hari terhitung sejak tanggal 5 hingga 18 September 2023 untuk melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP), sebanyak 1.089 orang satuan praja utama IPDN telah berhasil membantu optimalisasi Webdesaku yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Kini, seluruh desa yang jumlahnya 138 telah menjalankan Webdesaku.

Menurut Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M yang hadir dalam upacara penutupan BKP di Bale Sawalan Yudhistira Pemkab. Purwakarta adanya kegiatan BKP yang dilakukan praja, terjadi peningkatan yang signifikan sebesar hampir 300% desa yang sangat aktif menjalan program Webdesaku.

“Awalnya sebelum kegiatan BKP ini implementasi Webdesaku di 138 desa dan 13 kecamatan, ada 15 desa tidak aktif (11%), aktif 116 desa (84%), dan sangat aktif 7 desa (5%). Setelah dibantu praja semua desa (138 desa) aktif menjalankan program ini,” tutur Hadi Prabowo.

Baca juga:  Yuk, Kunjungi dan Belanja Produk Kreatif Karya Difabel di Cimahi

Dikatakan Hadi, beberapa inovasi dan kemajuan yang diberikan praja IPDN terkait program Webdesaku, diantaranya memperbaiki permasalahan data dan profil desa yang ada di seluruh Pemkab Purwakarta.

“Jadi seluruhnya mampu menayangkan semua berita terkait desa serta mengoptimalkan aspek publikasi untuk membantu mempromosikan pengelolaan dan potensi desa-desa tersebut,” kata Hadi.

“Perubahan signifikan dalam program Webdesaku terlihat nyata dengan data yang didapat. Misalnya data profil desa yang tadinya 16,3% menjadi 46%, produk-produk desa yang ditampilkan di e-commerce data awal 22,69% menjadi 99,54%, wisata desa di e-commerce dari 1,85% menjadi 7,15%. Peningkatan juga terlihat dari tampilan berita yang awalnya 39,70% menjadi 127,3% dan youtube dari 21,3% menjadi 31,3%,” imbuhnya.

Baca juga:  Inspeksi Pangan, Disperindag Jabar Temukan Bahan Berbahaya di Pasar BTM Cicadas Pengelola pasar akan diberi teguran

Kegiatan BKP kali ini, sambung Hadi, merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan secara rutin oleh IPDN.

“Untuk tahun ini, BKP dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta. Salah satu tujuan utamanya yakni untuk membantu Pemkab Purwakarta mewujudkan data base desa melalui Webdesaku dalam rangka percepatan pembangunan desa,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *