beritain.id – Dalam rangka menjalankan praktek lapangan IV, sebanyak 1.084 Praja Utama yang terdiri dari 722 praja putra dan 362 praja putri siap mengabdi di daerah asal pendaftaran masing-masing. Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, M.M. menandai dibukanya kegiatan Praktek Lapangan IV bagi satuan Praja Utama Angkatan XXXI secara hybrid.

Prof. Hadi mengatakan sebagai pendidikan vokasi, pendidikan bagi praja IPDN lebih ditekankan pada keahlian praktis dan didukung dengan penguasaan teori yang relevan.

Baca juga:  Ribuan Praja IPDN Kembangkan Inovasi dengan Laksanakan Praktik Lapangan ke Daerah Asal

Praktek Lapangan adalah sarana untuk melatih Praja dalam mengenal, memahami dan melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan Pemerintahan daerah sesuai dengan program studinya masing-masing,” ujarnya.

Menurut Prof. Hadi, kegiatan ini bermanfaat sebagai wadah untuk menyempurnakan kemampuan teknis Pemerintahan bagi Praja utama sebelum nanti ditugaskan ke pemerintah daerah dan instansi pusat setelah menyelesaikan pendidikan di IPDN.

“Melalui Praktik Lapangan IV, kita tingkatkan kompetensi Praja dalam praktik penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang Adaptif, Profesional, Proaktif dan Inovatif dalam memperkuat penyelenggaraan Pemerintahan Dalam Negeri,” kata dia.

Baca juga:  Gelaran Jam Pimpinan IPDN Dalam Pembekalan Calon ASN

Dijelaskan Prof Hadi, hal tersebut menjadi tema untuk memperkuat kemampuan praja dalam mengaplikasikan 3 praktek penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang selaras dengan visi Kementerian Dalam Negeri Tahun 2020-2024.

Hadi menitipkan praja IPDN kepada gubernur serta pimpinan organisasi perangkat daerah di 38 provinsi yang telah berkenan memfasilitasi pelaksanaan Praktek Lapangan IV bagi Praja IPDN.

“Kami titip anak-anak kami, dan berharap Bapak Ibu tidak segan untuk memberikan saran dan nasihat bagi praja,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *