beritain.id – Angka kecelakaan di Jawa Barat selama mudik Lebaran 2023 menurun 45,58 persen dibandingkan mudik tahun lalu.

Pada mudik Lebaran 2022 tercatat 430 kecelakaan, tahun ini hanya 234 kejadian. Data kecelakaan ini berdasarkan catatan kepolisian. Sementara data kecelakaan yang dilaporkan di jalan tol melalui Jasa Raharja tercatat 99 kejadian, yang menyebabkan 33 orang meninggal.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, penurunan angka kecelakaan hampir setengah, mengindikasikan mudik Lebaran 2023 berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Baca juga:  Ridwan Kamil Dorong Bank Bjb Respons Tiga Disrupsi

“Mudik tahun ini sukses, salah satu indikatornya kecelakaan turun hampir setengahnya. Tahun lalu 430 kecelakaan, tahun ini hanya 234. Jadi artinya ada penurunan,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (10/5/2023).

Selain angka kecelakaan menurun, kemacetan panjang kendaraan relatif berkurang. Hal ini dikarenakan kehadiran Tol Cisumdawu dan Bocimi, meski baru sampai Exit Cisaat).

Gubernur mengapresiasi kinerja aparat mulai dari Dishub, TNI/Polri, pemda kab/kota, dan para relawan yang bertugas selama mudik Lebaran 2023.

Baca juga:  Sekda: Perguruan Tinggi Berperan Antisipasi Triple Disrupsi

“Manajemen lebih baik, rest area ditambah, satu arah dan Mudik Gratis juga sukses. Saya mengapresiasi petugas, juga mengapresiasi kedisiplinan pemudik (di Jabar) yang jumlahnya hampir 50 juta,” kata Ridwan Kamil.

Dinas Perhubungan Jabar mencatat total pergerakan kendaraan yang dipantau dari 13 titik jalur arteri tercatat 14.293.137 kendaraan atau 43.774.638 orang.

Jumlah orang yang mudik tidak jauh berbeda dari prediksi sebelumnya berdasarkan hasil survei, yakni 43,44 juta orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *