DPRD Jabar Apresiasi Pelaksanaan PPDB SMA SMK SLB Tahap I

beritain.id – Forum Wartawan Pendidikan (FWP) Jawa Barat (Jabar) melaksanakan dialog interaktif dengan Komisi V DPR Jabar dan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar di ruang Rooftop Lantai 5 Gedung DPRD Jabar

Acara diskusi santai itu mengusung tema “Evaluasi PPDB Tahap 1 Tahun 2022”. Hadir beberapa narasumber di antaranya Ketua Wali Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Jabar, Andang Sagara, dan Ketua MKKS SMK Jabar, Agung. Termasuk beberapa Kepala SMA Negeri dan SMK Negeri serta belasan wartawan dari berbagai media juga ikut andil.

“Alhamdulilah kami dengan FWP melakukan dialog yang komprehentif. Hari ini (kemarin, red) kami mengevaluasi dengan mengumpulkan pandangan-pandangan terkait PPDB khususnya tahap 1 non zonasi,” ujar anggota wakil rayat ini yang akrab disapa Gus Ahad, usai diskusi.

Gus Ahad memastikan, PPDB Tahap 1 untuk jenjang SMA, SMK, SLB Negeri di Jabar tahun ini, berjalan lancar tanpa adanya gangguan yang signifikan.

Tahap pertama dibuka tanggal 6-10 Juni 2022, secara online atau dalam jaringan.

“Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar dan lebih baik ketimbang tahun lalu. Ini patut diapresiasi kerena kecurangan-kecurangan sudah sangat berkurang,” paparnya.

Politikus PKS itu memaparkan, pihaknya mengapresiasi kehadiran tim Saber Pungli yang dinilai aspek berkurangnya kecurangan PPDB SMA/SMK Negeri Tahap 1 2022 ini.

“Jadi, kami apresiasi keberadaan tim Saber Pungli itu. Terus jalankan tugas ini karena suksesnya Saber Pungli itu bukan karena banyaknya pungli tapi musnahnya pungli. Sapu bersih pungli itu,” pintanya.

Di sisi lain, imbuhnya, keberadaan tim Saber Pungli itu, bukan untuk menjebak pihak sekolah. Akan tetapi memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi Kepala Sekolah dan para guru.

“Karena memang ada tekanan-tekanan secara psikologis yang dihadapi oleh Kepala Sekolah dan guru. Alhamdulillah, kami apresiasi dengan tim Saber Pungli yang telah melakukan pengawasan dan pemantauan,” sebutnya.

“Jadi dari pengakuan pihak sekolah, dengan hadirnya Saber Pungli itu justru mereka bisa kerja sangat tenang,” imbuhnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, pihaknya mendorong masyarakat agar segera melaporkan ke tim Saber Pungli jika menemukan kecurangan-kecurangan dalam proses PPDB ini. Kata dia, tim Saber Pungli membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat umum.

“Tim Saber Pungli menyediakan hotline. Ketika ada yang bermacam-macam, masyarakat maupun pihak sekokah bisa melaporoan ke Saber Pungli. Jadi keamanan pelapor juga terjamin,” terangnya.

Gus Ahad pun mengungkapkan temuan-temuan kecurangan selama proses PPDB berlangsung.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password