beritain.id – PT Geo Dipa Energi (Persero) bersama Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), menggelar Wisuda Beasiswa Inpiratif Geodipa. Kegiatan ini di laksanakan di Sindang Reret Hotel Ciwidey, Kabupaten Bandung. Ini merupakan rangkaian dari Program Community Development PT Geo Dipa Energi (Persero) dengan kegiatan Pemberian Beasiswa Untuk Masyarakat Di Desa Sekitar Proyek PLTP Patuha Unit 2.

Acara dihadiri oleh Dinas Sosial Kabupaten Bandung, PT. Geo Dipa Energi (Persero), peserta beasiswa dan orangtua/wali peserta. Kegiatan dilaksanakan dengan tamu undangan terbatas dan tetap menaati protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini peserta beasiswa menampilkan pertunjukan bakat. Sedangkan kegiatan utamanya adalah pemaparan hasil dari rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sejak Juli 2021 hingga 2022 serta simbolis wisuda para peserta.

Berlatar belakang dari filosofi Merdeka Belajar yang telah disampaikan oleh Menteri Pendidikan sejak tahun 2021. Ada beberapa kendala yang di hadapi oleh pelajar terutama yang berasal dari PKH (Program Keluarga Harapan). Terdapat 3 point yang fokus, pertama adanya konsep merdeka belajar dimana akses terhadap pendidikan telah terbuka luas, kedua adalah wabah Covid-19 yang justru menimbulkan keterbatasan pada akses pendidikan tersebut, dan terakhir mengenai program Graduasi bagi kelompok Keluarga penerima manfaat yang merupakan penerima Program Keluarga Harapan (terutama siswa SLTA yang setahun kemudian sudah tidak mendapatkan bantuan karena kehilangan komponen nya. Ketiga poin tersebut mengerucut pada ancaman terhadap jaminan masa depan yang cerah bagi generasi penerus bangsa. Salah satu solusi dari ancaman-ancaman tersebut adalah peningkatan kapasitas dari pelajar agar filosofi merdeka belajar dapat berujung pada merdeka secara ekonomi.

Baca juga:  PT Geo Dipa Energi Akan Bangun 12 Sumur Produksi Untuk Hasilkan 4 Sampai 5 Megawat

Dalam Program Beasiswa Inpiratif Geodipa, bantuan yang diberikan bukan hanya berupa bantuan dana namun lebih utama dari itu adalah bantuan pelatihan dan pendampingan bagi para pesertanya. Peserta Beasiswa Inpiratif Geodipa, adalah anak-anak pelajar SLTA atau sederajat yang merupakan bagian dari keluarga PKH. Peserta direkomendasikan oleh para pendamping PKH dan terpilih 30 orang peserta yang berasal dari kecamatan Ciwidey, kecamatan Pasir Jambu ,dan kecamatan Rancabali.

Baca juga:  Terobosan Program "Jabar Nyaah ka Jamaah", Jabar Tes PCR Gratis Calon Jemaah Haji

Pada awal rangkaian Beasiswa Inpiratif Geodipa, dilaksanakan terlebih dahulu sosialisasi dengan peserta dan orangtua/wali peserta agar terjadi sinkronisasi mengenai rangkaian program yang dilaksanakan selama beberapa bulan. Peserta diberikan Assessment Biopsikologi untuk mengetahui potensi dan bakat peserta serta melihat gaya belajar yang paling tepat untuk tiap invidu. Hasil dari Assessment Biopsikologi inilah yang digunakan sebagai dasar bagaimana menstimulasi para peserta agar dapat terus aktif dan maksimal dalam setiap rangkaian kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *