beritain.id  – Wakil Ketua Komisi II DPRD provinsi Jawa Barat (Jabar) Lina Ruslinawati berharap, bantuan vitamin untuk hewan ternak segera direalisasikan.

Dengan pemberian vitamin, politisi partai Gerindra Daerah Pemilihan (dapil) 5
Kabupaten Sukabumi & Kota Sukabumi berharap, ternak menjadi lebih sehat dan tidak ada lagi kasus Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sempat menyerang sejumlah hewan ternak di daerah ini.

PMK , jelas Lina memang berbahaya untuk hewan ternak memamah biak seperti domba, kambing, sapi, kerbau maupun unta karena bisa menyebabkan kematian, tetapi penyakit ini tidak menyerang manusia.

Baca juga:  Jasa Raharja Purwakarta melakukan review pelayanan Samsat Kabupaten Subang

Meskipun demikian, masyarakat khususnya peternak atau pelaku usaha yang bergerak di bidang peternakan, harus tetap waspada.

“Pelaku peternak kami imbau melakukan pencegahan secara maksimal, karena PMK cepat menyebar menginfeksi hewan ternak. Jika dibiarkan akan mengganggu populasi ternak, ” ujar Lina.

Lina mengingtakan, jika populasi ternak terus berkurang, kondisi perekonomian akan terganggu.

Berdasarkan laporan yang ia terima, sejak Mei 2022 di Kota Sukabumi telah dilaksanakan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran PMK.

Baca juga:  Agus Satria: Deklarasi Jabar Akur Jangan Terkesan Seremonial

Salah satunya dengan cara menerjunkan dokter hewan untuk terlibat langsung dalam pengawasan perdagangan hewan ternak dan aktivitas peternakan.

“Pencegahan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan tugas utama dari para peternak agar PMK tidak menyebar.

Cara yang paling efektif adalah selalu menjaga kebersihan kandang secara rutin, menyemprot kandang dengan desinfektan, memberikan pangan yang bergizi dan asupan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh hewan ternak,”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *