beritain.id – Perwujudan masyarakat yang kuat secara ekonomi harus didukung dengan berbagai upaya, salah satu hal yang strategis dalam mewujudkannya ditempuh melalui program mencetak wirausaha baru berbasis Industri Kecil Menengah (IKM).

Sedikitnya 600 orang mengikuti bimtek pertumbuhan dan pengembangan wirausaha baru industri kecil dan menengah di kawasan wisata Lembang, kabupaten bandung barat, Jawa barat yang diselenggarakan dari tanggal 11 hingga 14 Agustus 2023 mendatang.

Bimtek yang diselenggarakan oleh anggota komisi VII DPR RI dari fraksi Nasdem Rian firmansyah yang berkolaborasi dengan kementrian perindustrian ingin mencetak wirausaha baru berbasis industri kecil menengah.

Baca juga:  Menkomarves: Dansektor Pahlawan Yang Tidak Diketahui Orang

Keberadaan wirausaha baru (WUB) di sektor industri kecil dan menengah (IKM)
memiliki peranan yang penting dalam memperkuat perekonomian nasional, terutama dalam perluasan kesempatan berusaha dan bekerja hingga ke pelosok daerah. Presiden telah menerbitkan Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional untuk mendorong penumbuhan wirausaha hingga pada tahun 2024 tercapai jumlah ideal 3,95% dari total penduduk Indonesia. Peningkatan rasio kewirausahaan bertujuan untuk memperkuat struktur ekonomi nasional. Tingkat kewirausahaan Indonesia saat ini masih berkisar 3,47% dari total penduduk Indonesia. Kita butuh lebih banyak IKM yang bisa naik kelas.

Baca juga:  Ridwan Kamil Salat Id Bersama Ribuan Warga di Masjid Raya Al Jabbar Kurban Sapi Simmental 980 Kilogram

Untuk meningkatkan rasio kewirausahaan menjadi 3,95% pada tahun 2024,
dibutuhkan sekitar kurang lebih 1,5 juta wirausaha baru.

Anggota dpr RI dari komisi VII dari partai nasdem Rian firmansyah mengaku “.Untuk mewujudkan hal tersebut perlu program besar dalam upaya penumbuhan dan pengembangan IKM tahun 2023, Padahal kita sedang menghadapi bonus demografi, yakni jumlah usia produktif sangat tinggi dan akan terus bertambah puncaknya diperkirakan tahun 2030. Satu di antara pemicu pertumbuhan perekonomian adalah para wirausahawan, dan untuk mewujudkan wirausahawan sukses harus dibekali keterampilan seperti dalam acara kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *