Ciri-ciri alpukat matang memang sering kali susah ditebak. Maklum, buah yang kaya manfaat ini kulitnya cukup tebal dan aroma yang menandakan matang juga nyaris gak ada.

Namun, bukan berarti mencari alpukat matang di toko buah adalah hal yang mustahil, kok.
Asal mau menerapkan 5 tips ini, kamu bisa menemukan buah alpukat sempurna untuk dibawa pulang. Gak ada lagi deh alasan gak makan buah kesukaan karena gak bisa memilih mana yang masih mentah dan mana yang siap makan!

1. Pilih warna kulit yang gelap

5 Ciri-ciri Alpukat Matang, Gak Sulit Memilihnya Lho!ilustrasi alpukat (unsplash.com/@namu_photograph)

Manfaat buah alpukat sangat banyak, mulai dari menjaga kesehatan kulit, baik untuk jantung, sampai mencegah kanker. Gak heran ‘kan kalau banyak yang memburu?

Baca juga:  Tak Netral, 13 Anggota Satpol PP di Garut Dikenai Sanksi Tegas

Untuk mendapatkan buah alpukat matang, kamu bisa melihat bagian luarnya. Alih-alih memilih yang warnanya masih segar, hijau, dan tampak muda, lebih baik pilih alpukat yang warnanya cenderung gelap.

Buah alpukat yang masih hijau biasanya belum matang dan sebaliknya, jika hijau tua ke arah hitam, umumnya sudah siap dinikmati.

2. Buahnya tidak keras saat diremas lembut

5 Ciri-ciri Alpukat Matang, Gak Sulit Memilihnya Lho!ilustrasi alpukat (pexels.com/Daria Shevtsova)

Jika ingin menikmati rasa buah alpukat yang sudah manis, gurih, dan bertekstur lembut, tentu pastikan buahnya sudah matang benar. Setelah dilihat dari warna kulitnya, kamu bisa tes kematangan dengan meremas buahnya pelan.

Kalau buah alpukat yang kamu remas pelan teksturnya sangat lembek, ini tandanya sudah hampir busuk. Kalau saat diremas buahnya keras, tandanya belum matang. Namun, saat buah alpukat yang diremas teksturnya sudah lunak tapi sedikit keras, nah itu adalah pilihan yang tepat.

Baca juga:  Genjot Elektabilitas AHY di Jabar, Anton Sukartono: Gaskeuun...!

3. Lihat dari batang buahnya

5 Ciri-ciri Alpukat Matang, Gak Sulit Memilihnya Lho!ilustrasi alpukat (unsplash.com/@hayattzw)

Jika tidak bisa memperhatikan ciri-ciri alpukat matang dengan cara ditekan atau remas pada bagian badan buah karena bisa bikin buahnya memar, ternyata ada cara lain kok yaitu dengan menekan bagian buah dekat batangnya.

Jika kamu menekan pada bagian tersebut dan empuk, tandanya alpukatnya sudah terlalu matang. Selain itu, kamu bisa mengibas bagian batangnya. Kalau mudah lepas dan berwarna cokelat, tandanya sudah terlalu matang. Dan jika mudah lepas tapi dagingnya hijau, alpukatnya sudah dalam keadaan matang yang sempurna.

Byadmin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *