beritain.id –   Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menghadiri Soft Launching Aplikasi SIDEBAR (Sistem Informasi Dokumen Elektronik Jawa Barat) versi mobile bersamaan dengan Webinar Sandikami Mania Series #27 di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (22/8/2022).

 

Setiawan mengemukakan, Aplikasi SIDEBAR Mobile merupakan inovasi baru dari sekian banyak aplikasi yang telah diluncurkan terkait E-Office di lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

 

Aplikasi ini dipandang penting dari segi keamanan, efektif dan efisien bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

Adapun urgensi dari penggunaan aplikasi ini dari segi layanan menjadi alat bantu yang dapat memfasilitasi proses persuratan yang digunakan seluruh ASN di Jabar. Sedangkan di level agreement dapat mempersingkat waktu dalam proses persuratan.

Baca juga:  Bey Machmudin Ajak Masyarakat Teladani KH. Abdul Chalim Pahlawan nasional asal Jabar yang rendah hati dan sederhana

 

“Dari segi budget bisa menjadi salah satu media yang dapat membantu penghematan anggaran dalam proses persuratan. Tentu juga zero paper , yang dapat menangani semua jenis Naskah Dinas Elektronik sesuai dengan format Tata Naskah Dinas Elektronik Pemprov Jabar,” kata Setiawan.

 

Dalam Aplikasi SIDEBAR Mobile terdapat empat fitur utama, yaitu Menerima Dokumen, Tanda Tangan Elektronik, Disposisi dan Distribusi, serta Validasi Dokumen.

 

Fitur Menerima Dokumen berkaitan dengan menerima naskah-naskah dinas di Pemda Provinsi Jabar, sehingga ternotifikasi secara _online. _

Baca juga:  Keliling Kota Bogor, Delegasi U20 Disajikan Pertunjukan Kesenian dan Produk Ekraf Jawa Barat

 

Tanda Tangan Elektronik merupakan fitur yang dapat mempermudah proses penandatanganan elektronik untuk setiap naskah dinas.

 

Disposisi dan Distribusi merupakan fitur untuk mendisposisikan dan mendistribusikan naskah dinas di lingkungan Pemda Provinsi Jabar dengan cepat, tepat, dan mudah.

 

Sedangkan Fitur Validasi Dokumen untuk mengecek keabsahan dokumen dengan cara memindai QR code .

 

“Mudah-mudahan ini dipahami oleh seluruh teman-teman ASN di Jawa Barat,  dan tolong admin dari seluruh perangkat daerah betul-betul bisa memahami dan menyosialisasikan literasi ini kepada teman-teman di perangkat daerah,” harap Setiawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *