beritain.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Riksa Budaya 2022 dengan tema “Saling Tulungan”. Kegiatan ini diadakan di Kampung Adat Kranggan, Kota Bekasi, Selasa 25 Oktober 2022 dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Riksa Budaya merupakan kegiatan tahunan yang ditujukan untuk melestarikan tiga kekuatan budaya di Jawa Barat yaitu Melayu-Betawi, Priangan, dan Kacirebonan. Tahun ini budaya yang diangkat adalah Melayu-Betawi yang melekat dengan masyarakat Bekasi. Gubernur pun sangat mengapresiasi antusias masyarakat Bekasi khususnya Kampung Kranggan yang selalu berkomitmen menjaga budaya serta toleransi.

Baca juga:  Rivan A. Purwantono: Pembina Samsat Nasional Berkomitmen Revitalisasi Pelayanan Samsat

“Riksa Budaya adalah adalah pagelaran kebudayaan dari satu wilayah rumpun Sunda Betawi. Saya bangga di Kampung Kranggan ini berhasil melestarikannya,” ucap Gubernur.

“Saya juga mengapresiasi Bekasi kemarin terpilih sebagai salah satu kota terbaik paling toleran di Indonesia. Artinya apapun boleh selama menjaga Pancasila, selama cinta NKRI, dan membela Bhineka Tunggal Ika, kegiatan apapun diperbolehkan,” tambahnya.

Baca juga:  Ridwan Kamil Pastikan Sistem Pelayanan Jemaah Haji Jabar Maksimal

Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan atraksi kesenian Tari Topeng Cisalak Kota Depok dan Ngarak Barong Kota Bekasi. Setelah itu dilanjutkan dengan pergelaran seni wayang golek serta beberapa tarian daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *