beritain.id – Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja meluncurkan Sayembara Desa Digital 2023 secara virtual di Jabar Command Center, Kota Bandung, Selasa (23/5/2023).

Sekda Setiawan menjelaskan, dari 5312 desa di Jabar dapat berpartisipasi pada program digitalisasi desa itu yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Berbicara tentang digitalisasi desa bukan berarti hanya insfrakstruktur, itu merupakan hal yang basic , meski insfrakstruktur juga harus disiapkan. Namun lebih jauh dari itu kita pun ingin membantu terkait dengan level kesejahteraan,” kata Setiawan.

Baca juga:  PLN Berhasil Pulihkan Kelistrikan 100% Paska Puting Beliung di Rancaekek

Ia menuturkan, selain level 1.0, yakni insfrakstruktur dengan menghadirkan jaringan internet di desa-desa, adanya literasi desa di level 2.0 juga penting untuk mendampingi masyarakat desa menggunakan internet dalam berkomunikasi dan mengakses informasi.

Baca juga:  Jasa Raharja Cirebon Serahkan Life Jacket Untuk Perlindungan Penumpang Perahu di Waduk Darma Kabupaten Kuningan

Lalu di level 3.0 dalam pemasaran desa mengajak pelaku usaha dan BUMDes mengikuti program pelatihan terkait digital marketplace .

Kemudian di level 4.0, penerapan teknologi digital dalam meningkatkan produktivitas masyarakat desa secara mandiri dan berkelanjutan menjadi fokus utama dalam sayembara desa digital tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *