beritain.d  – Sebanyak 40 musisi muda Jawa Barat mengikuti audisi Youth Music Camp 2023 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Kamis (11/5/2023).

Youth Music Camp 2023 merupakan ajang pengembangan minat dan bakat musik klasik, khususnya berkaitan dengan instrumen musik string (seperti violin, viola, selo, dan kontrabas) bersama para musisi dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO).

Kegiatan Youth Music Camp 2023 ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Universitas Katolik Parahyangan, Melbourne Symphony Orchestra, Jendela Ide Indonesia, Kreasi Jabar dan Bank Jabar Banten.

Audisi berlangsung di Taman Budaya Jabar, Kota Bandung. Sedangkan Youth Music Camp akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 14-16 Mei 2023 dalam format workshop , masterclass ,  rehearsal .

Baca juga:  PMK terkendali Harga daging sapi di Pasar stabil

Sebagai puncak rangkaian kegiatan, konser kolaborasi Youth Music Camp-Melbourne Symphony Orchestra akan digelar pada 17 Mei 2023, di Auditorium PPAG Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Peserta audisi telah diuji keterampilan teknis memainkan sonata atau konserto dengan alat musik gesek yang dikuasai.

Seleksi awal ini dilakukan oleh Koordinator Youth Music Camp Djaelani, musikolog dan dosen seni musik, dan Alfin Asa Fathinanda, pengajar instrumen violin, dan violinis untuk Erwin Gutawa Orchestra serta Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra, yang juga merupakan alumni MSO Youth Music Camp di Yogyakarta 2016.

Baca juga:  Dinilai Mencederai Rasa Keadilan, Mahasiswa Demo Jokowi Di Bandung

Pada tahap selanjutnya dilakukan audisi di hadapan dewan juri yang berkoordinasi dengan Melbourne Symphony Orchestra, dengan anggota I Nyoman Mahendra, Robby Subarja,  dan Dorry Windhu Sanjaya.

“West Java-MSO Youth Music Camp merupakan kesempatan emas bagi musisi muda Jawa Barat untuk mengembangkan keterampilan bermain alat musik strings ,  sekaligus menumbuhkan pemahaman dan apresiasi lintas budaya melalui networking dengan musisi kelas dunia,” ujar Koordinator Youth Music Camp Djaelani.

Djaelani menambahkan, ajang ini diharapkan kembali menumbuhkan kecintaan anak muda terhadap musik orkestra terlebih setelah dua tahun masa pandemi COVID-19,  konser musik  dibatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *