beritain.id – One way atau satu arah menjadi solusi kemacetan menjelang hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.  Kementerian Perhubungan bakal memberlakukan one way dari Jakarta menuju arah timur pulau Jawa, yang rencananya dimulai pada 28 hingga 30 April 2022.

Hal itu membuat masyarakat dari arah timur yang ingin menuju ke arah barat pulau Jawa diimbau menggunkana jalur arteri. Misalnya, masyarakat Bandung yang akan bepergian ke Karawang atau Jakarta maka harus memakai jalan biasa, atau non-tol.

“Karena akan ada one way maka warga yang dari Bandung dan sekitarnya kalau mau ke Jakarta ini harus pakai jalur arteri,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Apel Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Gedung Sate, Jumat (22/4/2022).

Menurutnya, persiapan personil dari Pemprov Jabar dengan Kepolisian dan TNI dilakukan sematang mungkin. Ini dikarenakan prediksi membludaknya pemudik dampak dua tahun tak bisa pulang kampung dengan adanya pandemik COVID-19.

Baca juga:  Sambut Piala Presiden 2022 dan Liga 1 2022/2023, PERSIB bersama Indaco (Envi) Percantik Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Saat ini personil gabungan yang disiagakan mencapai sekitar 30 ribu. Selain itu ada 330 pos pengamanan dari kepolisian, dan 150 pos di luar kepolisian.

Baca juga:  Bey Machmudin Minta Semua Elemen Fokus Antisipasi Bencana

“Sehingga total ada sekitar 480 pos, selain di jalur mudik itu juga ada yang ditempatkan di tempat wisata,” papar Emil.

Pemerintah memprediksi jumlah pemudik akan mencapai 85,5 juta orang, di mana 40 persen menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur pantau utara (pantura), Emil mengajak pemudik untuk bisa menggunakan jalur pantai selatan (pansela).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *