Kolaborasi Jabar – Bali Bangkitkan Perekonomian Pascapandemi

beritain.id – Festival seni budaya bertajuk Bank Bjb Ubud and Beyond Festival 2022 resmi dibuka, di Puri Agung Ubud, Gianyar Bali, Rabu (24/8/2022) malam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati membuka festival yang didukung penuh Bank Bjb.

Sempat vakum tiga tahun, Bank Bjb Ubud and Beyond Festival 2022 digelar untuk mendukung seniman dan pegiat budaya di Bali agar kembali bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

Kang Emil — sapaan akrab Ridwan Kamil — dalam sambutannya menuturkan, Bank Bjb yang ia instruksikan menjadi sponsor utama pada event ini. Hal ini merupakan bentuk dukungan dalam wadah NKRI khususnya untuk kebangkitan ekonomi Bali yang belum sepenuhnya pulih pascapandemi.

Selain jadi ajang eksplorasi dan inovasi para seniman, festival tersebut juga menghadirkan pameran UMKM selama empat hari penuh di lapangan Astina Ubud.

“Yang mengikat kita cuma satu, kalau tidak bisa bersaudara dalam keimanan maka kita hidup bersaudara dalam kebangsaan, kalau kita tidak bisa bersaudara dalam kebangsaan maka kita bersaudara dalam kemanusiaan. Hadirnya Bjb di sini bagian dari itu,” tuturnya.

Menurut Kang Emil, masyarakat Jabar memiliki sifat gotong royong yang sangat tinggi. Terlebih dari segi budaya Jabar dan Bali memiliki berbagai kesamaan. Termasuk dalam sejarah kerajaan tertua di Jabar yakni Tarumanegara yang ternyata ada kaitannya dengan masyarakat Bali.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password