beritain.id – Jabar Quick Response berkolaborasi dengan komunitas pembuat instalasi listrik energi terbarukan bernama Komunitas Koalisi Energy yang ikut turun langsung ke lokasi bencana untuk pemulihan kelistrikan yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Komunitas Koalisi Energy bergerak cepat bersama Jabar Quick Response menyusuri desa-desa yang listriknya masih padam. Pada Jumat 25 November 2022 tim berhasil membangun aliran listrik menggunakan energi solar panel di dua titik lokasi yakni di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang dan Jalan Pasir Gombong , Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang.

Baca juga:  Ridwan Kamil Dorong Realisasi Perpres Nomor 87

Rakha Naufal dari Komunitas Koalisi Energy mengaku pihaknya akan membantu warga-warga yang masih belum teraliri listrik yang mati. Dengan menggunakan energi terbaru Rakha mengaku pihaknya juga sambil mengkampanyekan pemanfaatan potensi energi matahari menjadi energi listrik yang ramah lingkungan. “Koalisi Energy merupakan komunitas anak muda yang ingin mengedukasi warga di Indonesia untuk beralih ke energi terbarukan. Kami berfokus di solar panel yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik,” ujar Rakha.

Baca juga:  Berbagi Berkah Di Bulan Suci Ramadhan, Alfamart Bagikan 35 Ribu Paket Buka Puasa Bagi Dhuafa

Rakha menjelaskan komunitas Koalisi Energy berdiri tahun 2007, namun dirinya baru menggelutinya dari tahun 2018. Selain membantu warga di desa-desa yang belum teraliri listrik atau terdampak akibat bencana, kampanye penggunaan energi terbarukan ini dilakukan di kegiatan musik.

Koalisi Energy telah berhasil memasang energi terbarukan menggunakan solar panel di dua titik, untuk di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang memasang 2400 watt untuk memasang di tenda pengungsian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *