beritain.id  – Meskipun kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Jawa Barat (Jabar) sudah terkendali, namun pemberian vaksin kepada hewan ternak masih harus terus dilakukan.

Untuk itu, DPRD privinsi Jabar mendorong Pemprov Jabar, mempercepat vaksinasi kepada hewan yang terindikasi terpapar PMK.

“Masyarakat jangan terlalu panik, intinya biasakan memberi vaksin kepada hewan ternak yang baru datang,” kata Anggota DPRD prov. Jabar dari Fraksi Partai Demokrat Hendar Darsono belum lama ini.

Baca juga:  Atalia Ridwan Kamil Bagikan Rantang Cinta di Pangandaran

Dijelaskan Hendar, PMK tidak menular kepada manusia, namun tetap harus dihindari. Cara mencegahnya, antara lain dengan vaksin dan pemberian vitamin pada hewan ternak.

“Makanya saya dorong Percepat Vaksinasi kepada hewan yang baru datang dari luar daerah, masuk ke Jawa Barat, “ tandasnya.

Baca juga:  Pencairan THR PNS, P3K, Dan Honorer Masih Menunggu Peraturan Menteri

Guna mencegah penyebaran PMK lebih luas di Jawa barat seperti beberapa bulan yang lalu, Hendar mengusulkan pengawasan dan pencegahan lalu lintas pengiriman hewan di perbatasan secara rutin.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tidak khawatir terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *