beritain.id – Satu per satu kloter jemaah haji Jawa Barat mulai kembali ke Tanah Air.

Kloter pertama yang pulang JKS 1 asal Kabupaten Garut dan JKS 2 Kabupaten Cianjur. Dua kloter ini telah diterbangkan dari Makkah Senin (3/7/2023).

Wakil Gubernur yang juga Amirul Hajj Jemaah Haji Jabar Uu Ruzhanul Ulum, bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat Ajam Mustajam melepas kepulangan dalam sebuah Apel Petugas di Hotel Arkan Bakah, Mahbas Jin, Kota Mekkah.

“Atas nama Pemerintah Pemdaprov Jawa Barat, mewakili Pak Gubernur (Ridwan Kamil), saya melepas jemaah haji kloter pertama Jabar. Beberapa kabupaten, semuanya sekitar 700 orang, berangkat menuju Jakarta. Dengan harapan dan doa mereka sampai ke rumahnya masing-masing dengan lancar,” ujar Uu Ruzhanul Ulum seusai acara tersebut.

Baca juga:  Wejangan Gubernur Ridwan Kamil ke KNPI Jabar: Lebih Kompak dan Mandiri

Ia  berdoa agar semua jemaah haji menjadi haji mabrur. Kepulangan jemaah ini pun didampingi para petugas dari Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan juga petugas dari Provinsi Jawa Barat, termasuk para KBIHU yang membantu mereka.

Baca juga:  Kasus PMK Menurun, Pasar Hewan Tanjungsari Sumedang Kembali Dibuka

“Kemudian juga memang tidak bisa dihindari ada juga mereka yang sakit. Ada juga mereka yang meninggal di sini. Tapi semua itu insyaallah membuahkan kebaikan dan keberkahan buat jemaah haji dan kita semua,” katanya.

Uu mengatakan jemaah merasa senang karena sudah bisa pulang ke Tanah Air yang mereka rindukan setelah lebih dari 42 hari beribadah di Tanah Suci.

Ia berharap agar ibadah para jemaah ditingkatkan di Tanah Air dan memicu peningkatan ibadah orang-orang sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *