beritain.id – Memang permainan modern atau game online tampak lebih menarik dan lebih asyik bagi kalangan anak-anak. Hal ini pula membuat banyak permainan tradisional yang perlahan menghilang. Anak-anak pun mulai meninggalkan permainan tradisional dan justru beralih ke gadget mereka masing-masing. Yang tanpa disadari, permainan tradisional banyak memberikan manfaat bagi tumbuh kembang mereka. Seperti, Kerja sama, melatih koordinasi tubuh dan kemampuan motorik kasar, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam acara Urban Village yang merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Program studi ilmu komunikasi Universitas Telkom pada konsentrasi Marketing Communication, Binar Ciboerial hadir untuk dapat menciptakan sebuah acara yang dapat mengkampanyekan potensi yang ada di Desa Wisata Saung Ciburial. Oleh karena itu, kami mengadakan sebuah Campaign “Sambil main, kita belajar!” dengan maksud menginformasikan potensi unggulan dari Desa Wisata Saung Ciburial yaitu permainan tradisional KABARULEM agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Kabarulem atau kaulinan barudak lembur merupakan sebuah permainan yang mengemas berbagai permainan tradisional anak. Jenis-jenis permainan yang kami angkat ada Sasalimpetan, Lompat Tali, Egrang Batok dan Oray-Orayan.

Baca juga:  Bey Machmudin Minta Semua Elemen Fokus Antisipasi Bencana

Dari bulan November hingga Desember Binar Ciboerial telah berhasil melakukan kegiatan Campaign Offline mereka kepada lebih dari 1500 anak-anak di Kota Bandung, diantaranya ada SDN 257 Pelita, SDN 001 Merdeka, dan SDN Cipagalo, lalu pelaksanaan hari pertama kegiatan campaign kami dimulai pada hari Senin, 14 November 2022 di SDN 257 Pelita Kota Bandung dan diakhiri pada hari Jumat 02 Desember di Sekolah Luar Biasa Negeri Cicendo Bandung. Acara campaign yang dilaksanakan berlangsung dengan meriah, terlihat dari antusias dan semangat anak-anak dalam mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Mereka ikut bermain langsung permainan-permainan yang kami sajikan di tiap posnya seperti Sasalimpetan, Oray-Orayan, Lompat Tali dan Egrang Batok. Tidak sekedar bermain saja kami juga menanamkan wawasan baru kepada mereka terkait pelestarian permainan tradisional Kabarulem melalui pemutaran video animasi. Dan diakhir acara sebagai bentuk apresiasi, pihak Binar Ciburial memberikan sebuah bingkisan dan plakat kepada tiap kepala sekolah. Tujuan dari diadakannya Campaign Kabarulem ini adalah untuk menanamkan kembali nilai-nilai tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *