Hadi mengatakan bahwa kegiatan magang ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari program merdeka belajar, kampus merdeka yang merupakan kebijakan dari Kemenristekdikbud RI “Melalui kegiatan ini, saya harap praja dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan dan keterampilan secara langsung di lapangan. Terutama terkait pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan. Nantinya praja diharapkan mampu melakukan analisis untuk menilai kesesuaian antara teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan”, ujarnya. Kegiatan magang ini disinergikan dengan beberapa program atau kegiatan pemerintah Kabupaten Majalengka yang saat ini sedang berlangsung, khususnya berkaitan dengan Indeks Desa Membangun (IDM).

Baca juga:  Awas !!!, Jangan biarkan daging sehat tercampur daging PMK

Masih menurutnya, Kabupaten Majalengka dipilih menjadi lokasi magang I karena berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, prestasi capaian nilai Indeks Desa Membangun di Kabupaten Majalengka pada tahun 2022 menduduki peringkat 3 se-Jawa Barat. Pada 87 desa yang saat ini menjadi lokasi magang, terdapat 31 desa yang berkategori desa mandiri, 47 desa kategori maju dan 9 desa kategori berkembang. “Kehadiran praja disini semoga dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan desa yang ada di Majalengka”, tuturnya. Tak lupa Rektor pun mengingatkan seluruh praja yang mengikuti magang untuk tetap menunjukan jati diri sebagai praja IPDN yang memiliki harga diri, serta mampu dibanggakan oleh rakyat Indonesia.

Baca juga:  Ribuan Praja IPDN Kembangkan Inovasi dengan Laksanakan Praktik Lapangan ke Daerah Asal

Bupati majalengka menyambut antusias pelaksanaan magang ini, beliau mengatakan semoga praja betah dan dapat maksimal melaksanakan kegiatan magang ini dengan baik. Sebelumnya, pada hari Jumat (09/06/2023) telah terlebih dahulu dilaksanakan pembekalan magang I di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor yang dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Majalengka, Drs. Toto Prihatno, S.Sos., MP mewakili Bupati Majalengka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *