beritain.id – Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri Dr. Dr. Hadi Prabowo, M.M menyerahkan 1.217 orang praja pratama Angkatan XXXIII IPDN kepada Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd untuk melaksanakan kegiatan magang I di Kabupaten Majalengka. Selama 21 hari kedepan terhitung sejak tanggal 13 Juni sampai dengan 3 Juli 2023, praja pratama yang terdiri atas 736 orang praja putra dan 481 orang praja putri akan melaksanakan magang di 87 desa pada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka. Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Majalengka, Panyingkiran, Kadipaten, Sukahaji, Jatiwangi, Dawuan, Palasah, Kertajati, Kasokandel dan Cigasong.

Kegiatan magang ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan IPDN guna memberikan kesempatan kepada praja untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan pekerjaan di instansi pemerintahan, baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan instansi pusat.

Baca juga:  Dies Natalis ke 67, IPDN Semakin Matang sebagai Kampus Pencetak Pamong Praja Unggul

Magang I di Kabupaten Majalengka tahun ini mengusung tema “Melalui Magang I Kita Tingkatkan Kapabilitas Praja Pratama dalam Pemahaman Nilai Indeks Desa Membangun”. Tema ini kemudian dijabarkan dalam ruang lingkup kegiatan penyusunan desain rencana kegiatan pembelajaran lapangan berdasarkan kompetensi prodi yang mencakup politik Indonesia terapan, studi kebijakan publik, pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, manajemen sumber daya manusia sektor publik, administrasi pemerintah daerah, keuangan publik, teknologi rekayasa informasi pemerintahan, manajemen keamanan dan keselamatan publik, praktik perpolisian tata pamong dan studi kependudukan dan pencatatan sipil. Selain pelaksanaan magang I di Kabupaten Majalengka, praja IPDN juga melaksanakan kegiatan magang II bagi 1.116 orang praja muda yang terdiri atas 217 orang di IPDN Kampus Sumatera Barat, 215 orang di IPDN Kampus Kalimantan Barat, 229 orang di IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat, 109 orang di IPDN Kampus Sulawesi Utara, 239 orang di IPDN Kampus Sulawesi Selatan dan 111 orang di IPDN Kampus Papua, pelaksanaan magang II ini dilaksanakan di pemerintah daerah sekitar kampus ipdn daerah masing-masing serta pelaksanaan magang III bagi 1.098 orang praja madya yang dilaksanakan di Kota Tasikmalaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *