beritain.id – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Pencanangan Komponen Cadangan (Komcab) Tahun 2022 oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Lapangan Udara Suparlan Pusdiklatpasus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022).

Wapres mengatakan sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa dari segala bentuk ancaman.

Baca juga:  Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Tari Merak Digelar Massal di Gedung Sate

Terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis sehingga pertahanan mutlak diperkuat.

“Tantangan dan ancaman semakin beragam dan sulit diprediksi menjadi faktor pendorong bagi negara kita untuk menata kekuatan nasional. Dalam rangka untuk memperkokoh Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata,” ujar Ma’ruf Amin.

Baca juga:  1.000 Marbot Muda Jabar Dilatih Kesiagaan Bencana

Maka diharapkan Ma’ruf, yang dapat diemban oleh Komponen Cadangan adalah meningkatkan pemahaman tentang isu-isu global, menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan ini pun Ma’ruf menitipkan beberapa pesan yaitu pertama pelatihan Komponen Cadangan agar didesain dalam prespektif luas menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman non-tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *