“Tidak melakukan seks sebelum nikah, dan menjauhi pernikahan usia dini,” kata Yunimar.

Sumber Daya Manusia (SDM) remaja saat ini sangat penting, yang akan mengawal Indonesia emas 2045 mendatang. Untuk itu, remaja penting memiliki tiga kecerdasan seimbang.

“Tiga kecerdasan seimbang itu diantaranya, Intelligence quotient (IQ), Emotional quotient (EQ), Spiritual quotient (SQ). Tiga aspek ini menjadi dasar pengembangan diri remaja agar menjadi manusia unggul dan mampu berkolaborasi ” bebernya.

Baca juga:  Strategi nasdem sambut pemilu 2024

Ia menambahkan, perencanaan kehidupan berkeluarga, sejak remaja harus ditanamkan kesadaran membentuk keluarga yang terencana.

“Konselor dan pendidik sebaya harus mampu menanamkan empat substansi itu, maka jangkauan teman sabaya harus mudah dimengerti jangan ada kesan menggurui,” ujarnya.

Baca juga:  Ridwan Kamil Buka Jalan Ekspor Gedong Gincu Sumedang ke Jepang

Konselor dan pendidik pun lanjut Bunda Genre, harus menjadi pendamping yang baik. Termasuk menawarkan solusi atas masalah yang dihadapi teman sabaya.

“Saya harap dalam jambore ini konselor dan pendidik semakin menyadari fungsi dan perannya dalam gerakan generasi berencana. Bahwa dengan kehadiran ini genre lebih terarah dan efektif,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *