beritain.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri sekaligus menjadi pembicara dalam Acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung di Kota Bandung, Senin (29/08/2022).

Dalam acara tersebut Gubermur memberikan motivasi kepada 7.377 mahasiswa baru UIN Sunan Gunung Djati untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berani, cerdas, mampu bersaing dengan negara lain, serta progesif terhadap perkembangan digital saat ini.

Menurutnya, 20 tahun mendatang, Indonesia akan diisi oleh generasi muda penerus bangsa dengan berbagai tanggung jawab yang perlu dilakukan, di antaranya dalam skala kepemimpinan dan pembangunan.

Baca juga:  Wagub Uu Ruzhanul Mulai Menanam 1.000 Bibit Pohon

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengungkapkan pula ciri-ciri suatu negara menjadi negara maju, salah satunya dengan memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sepertiga tanggung jawab (Indonesia) menjadi negara maju ada di kampus UIN Bandung ini, harus berkualitas, adaptif, dan mampu bersaing. Jangan menjadi biasa-biasa saja, melainkan harus luar biasa. Kualitas SDM-nya harus keren,” kata Kang Emil.

Baca juga:  Wagub Jabar Ingatkan Penyuluh KB, Penanganan  Stunting Tetap Skala Prioritas

Dalam kesempatan yang sama di hadapan ribuan mahasiswa, ia juga mengingatkan, bahwa Indonesia yang menempati peringkat 16 dari negara-negara G20, 10 tahun lagi diprediksi akan masuk 10 besar, yang perannya akan diisi oleh para mahasiswa baru sebagai generasi penerus.

“Pada 2045, saat kami sudah sepuh, kalian yang akan memegang bendera emas Indonesia menjadi negara maju, kalian adalah generasi pemimpin,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *