Pentas Akbar Tari Merak Sadunya – Gotong Royong Perempuan Merawat Nusantara

beritain.id –  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berkolaborasi dengan komunitas seni budaya untuk menyelenggarakan pentas akbar Tari Merak Sadunya – Gotong Royong Perempuan Merawat Nusantara. Acara tersebut diadakan secara hybrid di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu 18 September 2022.

Kegiatan diikuti oleh seribu lebih penari yang terdiri dari berbagai kalangan dan generasi. Bahkan ada peserta yang berasal dari negara lain yaitu Inggris, Bulgaria, dan Amerika Serikat yang mengikuti secara virtual.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hadir bersama Ibu Atalia Praratya menilai kegiatan ini sebagai momentum untuk melestarikan Tari Merak yang sudah ditetapkan Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) asal Jawa Barat.

“Ini hari yang berbahagia karena kita merayakan seni Tari Merak yang sudah dinyatakan sebagai Warisan Budaya Dunia Indonesia dari Tanah Sunda. Ini warisan budaya yang sangat luar biasa, jadi titip kepada ibu-ibu maupun anak-anak muda. Intinya Jawa Barat bangga punya tarian yang sangat luar biasa,” ucap Gubernur dalam sambutannya.

Pentas Tari Merak Sadunya dapat terselenggara berkat inisiasi Disparbud Jabar bersama empat komunitas yaitu Puspita Sari, Sasi Kirana, Rumpun Indonesia, dan Jabar Masagi. Tujuannya adalah untuk menguatkan nilai-nilai budaya, gotong royong, serta memperingati Hari Perdamaian Dunia yang jatuh pada 21 September 2022.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password