beritain.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan peringatan 3 tahun Penca Jabar Mendunia. Kegiatan yang diadakan di Halaman Utama Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 12 Desember 2022 ini ditujukan untuk memperingati momentum diakuinya pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dunia oleh UNESCO.

Acara yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini diikuti sekitar 1.300 peserta dari berbagai usia. Kegiatan turut melibatkan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat serta Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Jawa Barat.

Baca juga:  Ridwan Kamil: PPDB di Jawa Barat Semakin Adil dan Andal

“Kita harus bangga karena punya identitas budaya. Jawa Barat harus bangga ekonominya juara, olahraganya juga juara. Jadi membuktikan bahwa kita masyarakat yang sangat berprestasi dengan olahraga digabungkan bersama budaya,” ucap Gubernur Jabar.

Baca juga:  PDI Perjuangan Jabar Ajak Wong Cilik Adu Pintar Pemahaman AlQuran

Menurut Gubernur, penca silat sangat populer untuk masyarakat Jawa Barat. Hingga pada 2019 lalu, UNESCO mengakuinya sebagai WBTB dunia asal Indonesia dan Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang menetapkan Hari Penca Silat.

“Jawa Barat adalah provinsi pertama yang menelurkan usulan Hari Penca Silat tanggal 12 Desember saat ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO,” ungkap Gubernur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *