Dengan Teknososiopreneur Ikopin University Sigap Menata Bersama Indonesia Maju 2045

Ada sebuah berita yang sangat menarik dan sangat menggembirakan bagi kita semua. Pada tanggal 18 Januari 2022 berdasarkan surat keputusan nomor 0310/E1/KB.03.00/2022,  setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, Ikopin sebagai Institut Manajemen Koperasi Indonesia telah berubah bentuk menjadi lebih luas, lebih bergengsi dan lebih memiliki pengaruh yang cukup besar. Ikopin University merupakan perubahan bentuk kelembagaan dari Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin).

Ikopin telah berdiri sejak 40 tahun yang lalu, peresmian pendiriannya oleh Presiden RI yang ke-2 pada tahun 1984. 40 tahun merupakan waktu yang cukup untuk melakukan perubahan. Perubahan untuk menjawab tantangan-tantangan yaitu :    Perubahan zaman karena teknologi informasi dan komunikasi yang harus ditangkap oleh koperasi, Pandemi, cita-cita negara yang ingin lebih maju pada tahun 2045. Kemudian ketiganya menjadi satu yang selanjutnya ingin dijawab oleh IKOPIN kemudian menjadikannya IKOPIN UNIVERSITY.

Ikopin University kini hadir dengan semangat dan harapan yang baru untuk menjadi perguruan tinggi yang berkarakter, unggul dan inovatif. Ikopin University memiliki program studi  yaitu :

  • D3 Manajemen Bisnis
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Ekonomi Syariah
  • S1 Teknologi Pangan
  • S1 Agribisnis
  • S1 Sains Data, juga
  • S2 Manajemen

Bertepatan pada hari Sabtu, tanggal 12 Maret 2022 dilaksanakan Soft Launching Ikopin University dengan mengusung tema “Dengan Teknososiopreneur, Ikopin University Sigap Menata Bersama Indonesia Maju 2045”.  Kegiatan ini merupakan langkah awal dari rangkaian utama launching Ikopin University yaitu Grand Launching Ikopin University yang akan dilaksanakan bulan Juli mendatang. Adapun rangkaian acara softlaunching diantaranya :  Laporan Panitia Soft Launching oleh Bapak Drs. Deddy Supriyadi, M.Sc., Sambutan Rektor oleh Dr. H. Burhanuddin Abdullah, Ir., MA, Sambutan Bupati Sumedang oleh Bapak Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M. kemudian acara dimeriahkan dengan pemutaran Video Ikopin University, Pemotongan Tumpeng dan Pelepasan Balon oleh Bupati Sumedang serta Penandatanagan MOU Antara Penandatangan MOU YPK, IKA IKOPIN dengan IDOOH.

Dalam sambutannya Rektor Ikopin University mengungkapkan bahwa   Ikopin telah menjadi Universitas Koperasi Indonesia merupakan perubahan bentuk yang lebih luas. Mengapa saya katakana lebih besar? Karena IKOPIN Univeristy ini pada tingkat regional is the one and only universitas koperasi di ASEAN, tidak ada di negara lain. Dan mengapa dia akan menjadi lebih powerful dan punya pengaruh? Karena masa depan ekonomi Indonesia tidak bisa lain adalah masa depan ekonomi koperasi Indonesia. Dari semula yang bidang Manajemen, Akuntansi dan Syariah serta D3 di bidang Bisnis dan Magister di bidang Manajemen sekarang bertambah dengan bidang-bidang yang menyangkut science dan teknologi. Yang pertama adalah data science, karena kita menyadari bahwa masa depan ini adalah masa depan dimana data akan menjadi oil of the future, dia energi masa depan. Mereka yang memiliki data, memiliki semuanya. Kemudian di bidang teknologi, teknologi pangan dikemukakan dimasukkan pada program studi yang baru. Kita merasakan akhir-akhir ini,  bahwa masalah pangan menjadi masalah yang sangat krusial. Kita dengar setiap hari orang antri minyak goreng, kenaikan harga kedelai, tempe, tahu, daging, minyak, yang sekarang sudah 130 dollar brand per barrel. Ini sesuatu yang menunjukkan bahwa ketahanan energi dan ketahanan pangan menjadi taruhan. Karena itulah mengapa IKOPIN University membuka teknologi pangan dan agribisnis untuk menjawab tantangan itu semua. Bapak ibu, para pencipta dan pencinta koperasi Indonesia, kami mohon dukungan, doa restu, semangat dan berbagai hal yang bapak ibu berikan pada kehidupan koperasi di masa depan.”

Acara berlangsung meriah dengan berbagai dukungan yang turut hadir pada kegiatan softlauching Ikopin dari berbagai kalangan, baik itu dari Civitas Internal dan Alumnus maupun eksternal yang terdiri dari pemerintah, mitra Kerjasama dan masyarakat. Tidak ketinggalan, Menteri Koperasi dan UMKM RI pun turut bersuka cita memberikan dukungan atas perubahan menjadi Ikopin University.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password