Delapan Daerah di Jabar Zero Kasus PMK

beritain.id – Delapan daerah di Jawa Barat (Jabar), saat ini zero kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) provinsi Jawa Barat (Jabar) drh. Indriantari mengungkapkan, dari 27 kabupaten/ kota di Jabar, 8 daerah diantaranya sudah tidak ditemukan lagi kasus PMK.

Delapan daerah tersebut yakni Kabupaten Bandung Barat, Bogor, Majalengka dan Kabupaten Pangandaran serta kota Bandung, Bogor, Bekasi dan kota Cirebon.

Menurut Indriantari, sampai 27 September 2022, di Jabar masih tercatat 4.048 kasus PMK pada hewan ternak tersebar di 19 kabupaten/ kota.

“Delapan kabupaten dan kota di Jabar sudah zero kasus (PMK), sedang di daerah lainnya masih ada ternak yang terinfeksi PMK dan dalam pengobatan,” katanya di Bandung baru-baru ini.

Sementara ternak yang sudah sembuh dari penyakit PMK tercatat 49.517 ekor atau 78,2℅ dari 63.312 ekor yang tertular PMK.

Terkait program vaksinasi hewan ternak, dikatakannya untuk tahap satu sudah mencapai 100%, sedang tahap dua 95%. Sisanya, hewan yang baru sembuh, sehingga belum dapat divaksin.

“Vaksinasi PMK diberikan kepada hewan peliharaan yang dalam kondisi sehat, sedang yang baru sembuh tidak bisa langsung divaksin,” terangnya.

Ditempat berbeda, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kasus penyakit kuku dan mulut (PMK) di Provinsi Jawa barat, kian terkendali.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password