beritain.id – Butet Kartaredjasa mengaku terkejut dengan kedatangan Gubernur Jabar Ridwan Kamil sekaligus kawan lamanya, di kediamannya, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Budayawan Bambang Ekoloyo Butet Kartaredjasa yang akrab dipanggil Butet Kartaredjasa mengungkapkan perjumpaan terakhir keduanya sudah cukup lama.
“Surprise banget saya ketamuan Kang Emil, kawan lama saya sebelum jadi pejabat, sebagai sesama orang seni, beliau arsitek. Ini adalah hal inspiratif yang tercetuskan dalam percakapan ini tentang semacam rekonsiliasi kultural Jawa dan Sunda. Kalau mengingat sejarah, mitos, itu ada ketegangan dua kultur antara Jawa dan Sunda,” ujarnya.

Baca juga:  Pesan Ridwan Kamil Kepada Petugas Haji: Kuatkan Niat Layani Jemaah Haji

Butet menyambut baik niat Jabar support penerjemahan kitab. Selain momentum membuka sejarah antara Jawa dan Sunda, juga dapat mencairkan sisa-sisa pertikaian pada masa lampau. Kemudian pelaku sastra Jawa makin bergairah dalam mencipta karya di tengah pandemi.

Baca juga:  Ridwan Kamil dan Anak - Anak Terhibur Sulap Presiden Jokowi

“Tentu ini akan melibatkan kawan kawan dari sastrawan, penyair mungkin, untuk menarasikan dalam bentuk prosa, sehingga orang Jawa, orang Sunda bisa membaca nilai-nilai kearifan budaya dari kitab yang ditulis oleh para pujangga Jawa di masa lalu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *