Wagub Jabar dan Menteri Sosial Hadiri Hari Lanjut Usia Nasional di Tasikmalaya

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tahun 2022 bersama Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini di Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama (SMC), Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (29/5/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar)

“Bantuan pendidikan juga ditingkatkan, karena seolah ada kaitan antara kemiskinan dan pendidikan,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini melaporkan bahwa berdasarkan data Kementerian Sosial RI, jumlah lansia tunggal di Kabupaten Tasikmalaya mencapai 28.000 orang yang tersebar di 39 kecamatan.

Menurut Mensos, kebanyakan para lansia tunggal ditelantarkan oleh keluarga. “Saya besarkan Hari Lansia, kami setiap hari _scanning_ di media sosial banyak lansia sengaja dibuang oleh anaknya karena merepotkan, karena alasan ekonomi,” ucap Mensos.

Mensos pun mengingatkan bahwa saat bayi semua orang tidak bisa apa-apa. Namun, orang tua merawat dengan sukacita meski di tengah keadaan ekonomi yang sulit.

“Saat itu, tanpa beban dengan suka hati mereka (orang tua) merawat kita hingga jadi dewasa,” tuturnya.

“Apapun alasannya kita tidak boleh menelantarkan orang tua. Suatu saat pun kita akan menjadi tua, kita tidak kuat, dan tidak berdaya,” tambahnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password