Tel-U Menjadi Yang Pertama Menggelar Wisuda Di Dunia Metaverse

Foto : dok. Tel-U

Kabupaten Bandung (11/04) – Telkom University (Tel-U) menjadi yang pertama menggelar Sidang Terbuka Senat, dengan agenda wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2021/2022 yang diselenggarakan pada Sabtu (09 April 2022). di mana dalam Wisuda Telkom University Periode II TA 2021/2022 diselenggarakan di dunia Metaverse untuk pertama kali semenjak pandemi Covid-19 melanda di tahun 2020 lalu.

Menurut Dr. Anisah Firli selaku ketua panitia wisuda periode II, wisuda kali ini dilaksanakan menggunakan platform Metaverse, di mana pelaksanaan wisuda dengan platform Metaverse ini menjadi yang pertama diselenggarakan di Indonesia.

“Kami menggunakan platform ini sebagai bentuk inovasi Telkom University, sekaligus ingin memberikan pengalaman baru kepada wisudawan/i Telkom University, di mana Metaverse yang belakangan digaung-gaungkan ingin kami hadirkan untuk wisudawan/i.” Ucapnya.

Firli menambahkan, tema besar yang diangkat dalam wisuda Periode II tahun akademik 2021/2022 adalah Generasi Tangguh, di mana tema ini memiliki filosofi bahwa para wisudawan/i diharapkan menjadi sosok yang memiliki komitmen dan bersikap tangguh dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

“Ketangguhan ini sebagai cerminan respon terhadap berbagai situasi dengan terus bereksplorasi, berinovasi dan mengembangkan diri untuk dapat terus berkontribusi bagi bangsa. Terima kasih telah berjuang menempuh pendidikan tinggi di masa pandemic saat ini, semoga ini dapat menjadi bekal di masa yang akan datang dan menjadikan kalian generasi yang tangguh.” Ucapnya.

Menurut Fat’hah Noor Prawita, selaku dosen Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University yang mengembangkan konsep ini menjelaskan bahwa, wisuda Telkom University dengan konsep Metaverse ini didukung oleh platform Mozilla Hubs yang telah dikustomisasi sedemikian rupa sehingga wisudawan nantinya benar-benar dapat merasakan experience wisuda secara langsung di kampus, dengan menggunakan perangkat laptop maupun headset Virtual Reality (VR).

“Kami mengambil venue Gedung Damar, salah satu gedung auditorium yang telah ada semenjak STT Telkom berdiri. Gedung Damar dibuat secara virtual mirip aslinya. Tidak hanya itu, wisudawan juga dapat memilih karakter avatarnya masing-masing sesuai fakultas dan karakteristiknya. Dalam hal ini dibantu oleh Rikman Aherliwan Rudawan dosen D4 Teknologi Rekayasa Multimedia FIT dan tim mahasiswanya dalam pembuatan avatar serta visual dari Gedung Damar.” Jelasnya.

Pada kesempatan kali ini Ketua Senat Universitas Telkom Dr. Ismail mengukuhkan 1.285 wisudawan dari 32 program studi, di antara 43 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University.

Setelah melalui prosesi pelantikan ini, para wisudawan akan bergabung dengan Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) dengan jumlah alumni lebih dari 64 ribu orang dan tersebar di 30 negara, antara lain Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekistan, Tajikistan, dan Timor Leste.
Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya dalam sambutannya merasa bangga kepada seluruh wisudawan/i yang telah menyelesaikan pendidikannya di Telkom University.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password