“kegiatan ini untuk menerapkan kepada generasi masa depan untuk berprilaku budaya peduli lingkungan hidup sehat dengan 6 aspek PRLH. Sense Of Belongins terhadap lingkungan akan tumbuh dengan keseruan mempraktikan budaya tersebut” Ujar Warlam kepada Beritain.

Tak hanya menanamkan budaya kebersihan, namun siswa juga dapat memanfaatkan praktik melestarikan lingkungan untuk menjadi pemasukan.

Misalnya Budidaya ikan lele yang diberi nama Budikdamber ( Budidaya Ikan Dalam Ember). Siswa secara berkelompok membuat satu ember berukuran 50 liter yang diisikan ikan lele dan dirawat setiap harinya untuk dibudidaya, sembari budidaya lele, bagian atas tutup ember tempat budidaya tanaman.

Baca juga:  Target Menang Satu Putaran, RUMI Dapat Dukungan Puluhan Tokoh Kampung di Kota Banjar

Budidaya lele ini diterapkan oleh beberapa siswa di rumah, dan saat siap panen ikan akan dijual untuk menambah pemasukan keluarga. Ketua tim Adiwiyata SMPN 16 Kota Tangerang, Melia Kusumawati mengatakan, Budikdamber ini nyatanya sangat bermanfaat tak hanya untuk lingkungan namun juga untuk ekonomi keluarga siswa.

Baca juga:  Pemkab Bekasi Targetkan 7500 Hewan Ternak Divaksin PMK

“Ya apalagi kemarin covid, siswa diminta untuk berkegiatan di rumah dan ini dilakukan dirumah, tidak hanya bermanfaat tapi juga menghasilkan. Jadi di sekolah sebagai contoh sjaa, dengan harapan di lingkungan rumah bisa diterapkan bersama” Ujar Melia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *