Pisodapur berfungsi menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang korban gempa, rumah rusak, daerah yang terkena dampak, berita terbaru terkait gempa, dan laporan donasi.

Dokumen ilmiah berjudul “Toponym Usage in response to the earthquake disaster in Cianjur Regency”, yang disusun Pemda Provinsi Jabar itu mendapat perhatian panitia forum UNGEGN di New York untuk dibahas pada forum ilmiah tersebut yang akan dihadiri kurang lebih 100 negara anggota PBB.

Prestasi RupaBumi Jabar

Sebelumnya, Pemda Provinsi Jabar melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jabar meraih penghargaan peringkat pertama dalam pengelolaan RupaBumi dari Badan Informasi Geospasial RI pada 2022.

Keaktifan Provinsi Jabar dan kolaborasi seluruh Pemda kab kota di Jabar dalam setiap kegiatan Penyelenggaraan Nama RupaBumi mengantarkan juga prestasi bagi Kabupaten/Kota di Jabar.

Baca juga:  71 Ruas Jalan di Jabar Segera Diperbaiki

Terdapat empat nominator kabupaten/kota di Provinsi Jabar dari lima nominator yang masuk dalam nominasi penerima Bhumandala Award 2022, yaitu Kabupaten Cianjur (Juara 1 Bhumandala RupaBumi Nasional Tingkat Kabupaten), Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kota Bekasi.

Pengumpulan data Nama Rupabumi pun terus dilaksanakan untuk mencapai kuantitas dan kualitas data dengan target lima juta Nama RupaBumi di Provinsi Jabar.

Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jabar dalam inovasi program 1 Desa 100 Nama RupaBumi berhasil meningkatkan capaian Data RupaBumi dari sekitar 71.000 data menjadi 610.000 data RupaBumi yang sudah di-input ke dalam Aplikasi SINAR.

Pemdaprov juga dinilai berhasil dalam memfasilitasi penamaan nama jalan, yaitu Jalan Layang Prof. Mochtar Kusumaatmaja dan Jalan KH Ma’Mun Nawawi di Bekasi.

Baca juga:  Ridwan Kamil: Tol Cisumdawu Jadi Pintu Baru ke Kawasan Rebana

Penamaan RupaBumi menjadikan semakin banyak daerah yang dikenal karena sudah diberikan nama dan terdata oleh sistem yang memudahkan masyarakat dalam mencari informasi terkait lokasi suatu tempat.

Selain di forum UNGEGN, dalam rangkaian kunjungan kerja ke AS ini Gubernur Ridwan Kamil antara lain akan bertemu masyarakat Indonesia di Masjid Al Hikmah bersama Ustaz Syamsi Ali membahas dakwah Islam yang damai melalui program English for Ulama.

Kang Emil juga akan menghadiri forum American Indonesian Chamber of Commerce serta direncanakan bertemu pengusaha AS menjajaki investasi energi hijau di Jabar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *