Pasar Bharata Di Pedalaman Lanny Papua

Jayapura (20/03) – Desa Tima merupakan salah satu desa di Distrik Balingga Kabupaten Lanny Jaya yang mata pencaharian masyarakatnya mayoritas dari hasil perkebunan. Beberapa masyarakat memilih untuk memasarkan hasil perkebunan mereka yang lebih baik berupa umbi-umbian, sayuran, maupun buah-buahan untuk memperoleh income yang dapat mereka manfaatkan untuk biaya kehidupan mereka.

Untuk memasarkan hasil kebun mereka, biasanya masyarakat memanfaatkan halaman Gereja Manggalome di Desa Tima yang terbuka dimana saat berjualan masyarakat akan langsung terpapar panas sinar matahari secara langsung dan parahnya bila hujan maka masyarakat harus segera mengamankan dagangan mereka agar tidak kehujanan.

Berangkat dari pengamatan personil Satgas TNI Yonif Mekanis Raider 412 yang berada di Desa Tima, Lettu Inf Tarudin, S.Sos. Danpos Satgas Yonif MR 412 yang berada di Desa Tima berinisiatif mendirikan Pasar Rakyat. Bersama dengan para Tokoh Masyarakat, Satgas Yonif MR 412 mengajak masyarakat untuk bekerja sama mendirikan pasar yang dimaksud. Dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tersedia di alam, personil satgas pos Tima bersama masyarakat mendirikan pasar rakyat yang dikerjakan selama satu minggu.

“Kami mendirikan Pasar Bharata ini dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat dengan membantu memfasilitasi masyarakat menjual hasil perkebunan mereka, sehingga mereka bisa berjualan dengan nyaman tanpa harus kepanasan dan kehujanan. Selain itu dengan adanya Pasar Bharata ini masyarakat tidak perlu lagi menuju kota yang jauh dengan akses jalan yang sangat terbatas”. Ungkap Danpos Satgas Yonif MR 412/BES yang berada di Desa Tima .

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password