Serang (17/03) – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menginginkan karya inovasi teknologi harus tepat guna bagi Prajurit dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat. Pernyataan itu disampaikan seusai meninjau Stand Inovasi Teknologi yang digelar oleh Korem 064/MY, di Gor Maulana Yusup, Jalan Maulana Yusuf No. 9 Kota Serang Banten, Rabu (16/03/2022).

Terkait dengan itu, perlu pendampingan dari produksi harus didukung dan dilegalisasikan. Kita juga harus bantu sampai dengan berstatus resmi. Kalau nanti bersaing dengan pihak asing, karena kita tidak punya legalitas secara personaliti hak paten jadi minim. Selain itu hak intelektual juga kita perjuangkan.

Baca juga:  Wagub Jabar: Pemimpin Harus Serap Aspirasi Masyarakat

Sementara nilai ekonomis dan produksi sebetulnya hanya dampak, bila itu benar maka dapat hasil yang baik, kita mendampingi sampai kepada temuan masyarakat yang sifatnya modifikasi, upgrade, atau sifatnya original harus diperjuangkan, bukannya kita meniru, memalsukan, hak paten atau hak intelektual itu ada tiga yaitu original, custom, dan modifikasi, itu harus dibela.

Baca juga:  Pesan Ridwan Kamil kepada Siswa SMKN 2 Subang: Kedepankan Persatuan

“Untuk itu, kita harus menghargai kerjanya orang, bekerja untuk apa, dari keahliannya dia mendampingi masyarakat, ada nilai kerja, bukan dilihat dari nilai ekonomisnya, tapi kita membuat satu pola metode yang berdampak, maka ada pelatihan, kerjasama, dan penelitian,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *