“Perancis bertekad untuk mendukung secara aktif berbagai program strategis Indonesia dan mendukung pengembangan industri pertahanan Indonesia. Oleh karena itu, dengan sukacita saya menyambut baik penandatanganan berbagai MoU juga penandatanganan pengadaan pesawat tempur Indonesia. Saya yakin bahwa perusahaan-perusahaan Indonesia dapat menjadi mitra untuk melaksanakan berbagai program modernisasi alutsista. Pembicaraan kita tadi membahas mengenai berbagai isu penting khususnya suatu kebijakan kebebasan akses pada kawasan guna kepentingan bersama, khususnya saya merujuk pada kebebasan pelayaran dan penerbangan, akses tata ruang angkasa, serta menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara seluruh pihak yang berkepentingan agar kawasan Indo Pasifik bebas dan terbuka. Dan untuk hari ini, Perancis mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Indonesia atas kerjasama ini,” jelasnya.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose menyampaikan harapannya terkait kerjasama yang terjalin antara PT Pindad dan Nexter Group agar bermanfaat dan semakin meningkatkan kerjasama kedepan.

“Terimakasih atas dukungan Menhan RI & Prancis sehingga kerjasama ini dapat terlaksana, ini merupakan momentum yang baik bagi RI dan Prancis untuk semakin meningkatkan jalinan kerjasamanya khususnya di bidang pertahanan. Semoga tindaklanjut penandatanganan NK hari ini dapat menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat,” ujar Abraham Mose.

Baca juga:  Uu Ruzhanul Dampingi Presiden Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Bandung

Sales Director Asia Pasific Nexter, Mr. Amaury de Poncins menyampaikan kerjasama yang dijalin dengan Indonesia khususnya PT Pindad adalah merupakan suatu kehormatan memiliki kesempatan untuk menjajaki kerjasama yang lebih luas di bidang amunisi kaliber sedang dan besar untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Indonesia, serta membuka jalan bagi kemitraan industri jangka panjang.

PT Pindad dan Nexter sebelumnya sudah pernah menjalin kerjasama untuk konten lokal kendaraan taktis 4×4 Komodo Nexter berbagai tipe dan Caesar 155 mm Howitzer pada tahun 2017-2020. Adapun tipe yang diproduksi antara lain: Battalion Command Vehicle (BnCV), Battery Command vehicle (BCV), Meteo Vehicle (MeV), Forward Observer Vehicle (FoV), Relay Vehicle (ReV) dan Logistic Vehicle (LoG).

Indonesia dan Perancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya di bidang pertahanan. Dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman ini, hubungan bilateral kedua negara akan semakin meningkat lagi. Kerjasama ini juga diharapkan akan menjadikan PT Pindad sebagai mitra strategis Nexter dan meningkatkan kemampuan baik dari sisi teknologi dan kapabilitas perusahaan.

Baca juga:  Jawa Barat Rawan Pelanggaran di Pemilu 2024, KBB Suhu Dingin Politik Panas

Nexter, Perancis
Nexter, perusahaan pertahanan darat Perancis terkemuka dan merupakan pemain utama Eropa di sektor amunisi adalah bagian dari KNDS Group. Nexter mengumpulkan basis teknologi dan industri pertahanan Perancis dan Eropa di sekitar program utama untuk memungkinkan tentara menghadapi tantangan masa depan. Di Perancis, Nexter berkomitmen penuh untuk memenuhi tujuan program SCORPION, melalui peningkatan tangki Leclerc dan pengembangan kendaraan GRIFFON dan JAGUAR dalam usaha bisnis sementara antara Nexter, Arquus dan Thales, serta SERVAL. Rangkaian produk grup ini juga mencakup kendaraan lapis baja TITUS ®️ dan VBCI, sistem artileri CAESAR ®️ dan 105LG1, amunisi pintar (BONUS), robot, peralatan, suppot pelanggan, dan seri.

PT Pindad (Persero), Indonesia
PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik negara dibentuk pada tahun 1983. Pindad aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, Polri dan juga telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi, senjata dan kendaraan tempur ke pasar global. PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki Direktorat Industrial yang menghasilkan alat berat seperti ekskavator, traktor, crane kapal laut serta pengait rel kereta api, motor traksi hingga generator.

Byadmin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *