Setiawan menuturkan, dalam manajemen ASN di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar, kerap kali talenta seorang ASN dibidik sejak CPNS. Aplikasi Manajemen Telenta pun dikembangkan. Pemetaan talenta disusun dalam aplikasi Sistem Manajemen Talenta Jawa Barat Juara (SIM JAWARA) yang memiliki 93 fitur informasi, baik individu maupun fitur institusional.

 

“Fitur informasi individu sendiri meliputi kualifikasi, kompetensi, potensi, perilaku, dan kinerja ASN,” katanya.

 

Pemda Provinsi Jabar juga mengembangkan aplikasi lain demi menunjang kinerja ASN, seperti Kehadiran Mobile (K-Mob) dan aplikasi TRK yang bisa diakses lewat smartphone.

Baca juga:  Wagub Jabar Apresiasi di Kabupaten Cirebon Tak Ada Desa Tertinggal

 

Tak hanya itu, Pemda Provinsi Jabar telah mengimplementasi pola karier secara diagonal, baik untuk jabatan struktural maupun fungsional, dan mengimplementasikan model kerja Team of Teams (ToT) dengan karakternya yang agile.

 

“Kita juga adakan Employee of the Month, di mana pegawai berkinerja terbaik setiap bulannya mendapatkan penghargaan, piagam, piala bergilir, tunjangan kinerja, bahkan sampai makan malam dengan Bapak Gubernur,” ucap Setiawan.

Baca juga:  Ribuan Praja IPDN Kembangkan Inovasi dengan Laksanakan Praktik Lapangan ke Daerah Asal

 

Berkat inovasi dan kolaborasi, Jabar meraih sekitar 122 anugerah maupun prestasi dalam berbagai urusan pembangunan pada 2021. Rinciannya, lima penghargaan internasional, 89 penghargaan nasional, dan 28 PP penghargaan non-pemerintah.

 

Adapun berdasarkan hasil penilaian sistem merit oleh Komisi Aparatur Sipil Negara pada 2020, Pemda Provinsi Jabar berhasil meraih anugerah meritokrasi dengan kategori sangat baik dengan nilai 375,5.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *